Porsche dan Hydro Rencanakan Aluminium Digunakan Lebih Luas Demi Kurangi Dampak Buruk Lingkungan

Porsche dan Hydro Rencanakan Aluminium Digunakan Lebih Luas Demi Kurangi Dampak Buruk Lingkungan

Porsche dan Hydro Rencanakan Aluminium Digunakan Lebih Luas Demi Kurangi Dampak Buruk Lingkungan---Istimewa

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Tahun lalu, para mitra mengumumkan kerja sama mereka dengan Letter of Intent (LOI).

Mereka sekarang telah menentukan target pengiriman mereka: untuk penggunaan secara luas dalam produksi mobil sportnya, Porsche dan para pemasoknya akan memiliki akses ke alumunium rendah karbon dengan jejak ekologis kurang dari 4 kg CO₂ per kg alumunium.

Energi terbarukan akan digunakan dalam produksi bahan baku ini. Hydro akan memproduksi logam utama di Norwegia dengan menggunakan listrik dari sumber-sumber terbarukan, terutama dari tenaga air.

Hal ini mengurangi jejak karbon dari paduan ringan sekitar 75 persen dibandingkan dengan rata-rata global produksi aluminium primer. Jejak karbon menentukan jumlah gas rumah kaca yang dilepaskan dan mengacu pada semua emisi dari pertambangan hingga bahan baku yang dihasilkan.

BACA JUGA:Yuk Datang ke GIIAS 2024, Bisa Cobain Lebih dari 150 Unit Kendaraan test Drive Loh

Kedua perusahaan tersebut tidak hanya bertujuan untuk mengurangi total emisi ini, mereka juga ingin meningkatkan penggunaan bahan sekunder dari barang bekas pasca-konsumen.

Bahan-bahan ini merupakan bahan yang dibuang oleh rumah tangga pribadi atau fasilitas komersial, industri, dan institusi setelah suatu produk digunakan.

Diharapkan pada tahun 2027/2028, Hydro akan memasok aluminium yang dikurangi karbon dengan proporsi daur ulang setidaknya 75 persen. Porsche dan Hydro juga sedang menguji coba area mobil yang dapat menggunakan aluminium dengan proporsi bahan daur ulang yang lebih tinggi.

"Kolaborasi dengan Hydro merupakan tonggak penting bagi Porsche dalam perjalanan kami menuju dekarbonisasi di sepanjang rantai nilai," kata Barbara Frenkel, Executive Board Member untuk Procurement di Porsche AG.

BACA JUGA:Porsche Indonesia Gelar Acara 'Driven by Performance: Porsche Precision Meets Cycling Passion', Ini Tujuannya

"Kemitraan ini juga memberikan kontribusi pada pengadaan yang bertanggung jawab, karena rantai pasokan aluminium Hydro bersifat transparan."

"Kolaborasi kami dengan pelopor seperti Porsche mendukung ambisi Hydro untuk mengubah permainan demi keberlanjutan dalam industri aluminium. Bersama-sama, dalam kemitraan strategis jangka panjang ini, Hydro dan Porsche akan mendorong solusi dan model bisnis yang inovatif, yang bertujuan untuk mendorong dekarbonisasi dan sirkularitas di industri otomotif," kata Eivind Kallevik, Presiden dan CEO Norsk Hydro.

Sebagai bahan yang ringan, aluminium memainkan peran yang semakin penting untuk mobil listrik pada khususnya. Sebagai contoh, bahan ini mencapai sekitar 30 persen dari total berat Taycan.

Selain apron depan dan belakang, seluruh cangkang mobil sport listrik ini terbuat dari aluminium.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya