Upacara 17 Agustus Diadakan di IKN: Biaya Persiapan Tembus Rp87 Milliar

Upacara 17 Agustus Diadakan di IKN: Biaya Persiapan Tembus Rp87 Milliar

Upacara 17 Agustus Diadakan di IKN : Biaya Persiapan Tembus Rp87 M-@folkative-Instagram

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Upacara 17 Agustus tahun 2024 ini diadakan di IKN dan Upacara tersebut memakan uang yang cukup banyak.

Kabarnya, persiapan 17 Agustus di IKN tersebut memakan biaya hingga Rp 87 M.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Anggaran Isa Rachmatarwata.

BACA JUGA:Rincian Harga Emas di Pegadaian Rabu, 14 Agustus 2024: Kompak Naik Hingga Rp 18.000 per Gram!

"Tahun ini kami menyiapkan anggaran Rp87 miliar untuk perayaan 17 Agustus di IKN, kalau dibanding tahun lalu di Jakarta itu Rp53 miliar," kata Isa dalam konferensi pers APBN di Kementerian Keuangan Selasa, 13 Agustus 2024.

Isa juga menjelaskan bahwa besaran anggaran tersebut terjadi karena pengadaan alat-alat upacara dan sarana di IKN.

"Kenaikannya memang terutama karena pengadaan alat-alat upacara yang baru di sana (IKN). RIncian biaya yang besar itu alat-alat upacaranya kemudian sarana fisiknya," kata Isa.

Angka upacara di IKN jauh lebih tinggi dibandingkan anggaran HUT RI di Jakarta tahun lalu yang tercatat Rp53 miliar.

BACA JUGA:Cut Intan Nabila yang Menjadi Korban KDRT Ternyata Mantan Atlet Anggar, Ini Profil Lengkapnya

“Jadi tahun ini kami menyiapkan anggaran Rp87 miliar untuk kegiatan perayaan 17-an di IKN, kalau dibanding tahun lalu di Jakarta itu Rp53 miliar. Kenaikannya terutama karena pengadaan alat-alat upacara yang baru di sana,” kata Isa saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Agustus 2024 di Jakarta Rabu, 14 Agustus 2024.

Isa merinci, naiknya jumlah anggaran untuk kegiatan HUT RI ke-79 di IKN dikarenakan pengadaan sarana dan prasarana fisik membutuhkan akses khusus, hingga persiapan jamuan untuk tamu negara.

“Itu terutama yang biaya rincian biaya besar alat-alat upacaranya kemudian penyiapan sarana fisik itu kemudian yang perlu dilakukan di tempat baru di sana. Jamuan juga cukup besar, dibanding di Jakarta, terutama mungkin karena lokasinya belum tersedia cukup prasarana untuk jamuan ini,” ucapnya.

Adapun dalam paparannya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan realisasi anggaran untuk pembangunan IKN secara keseluruhan mencapai Rp11,2 triliun per Juli 2024. Realisasi tersebut mencakup 26,4 persen dari pagu anggaran yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp42,5 triliun untuk tahun 2024.

BACA JUGA:Scarlett Kembali Hadir dengan Inovasi Terbaru 'AHA Body Serum'!

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya
Berita Terpopuler