17 Manfaat Blueberry yang Bantu Kesehatan Tubuh Manusia, yang Terakhir Jangan Disepelekan!

Sabtu 13-01-2024,14:43 WIB
Reporter : Maulina Theodora
Editor : Priya Satrio

Blueberry juga berperan dalam menunda perkembangan penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

Dalam sebuah percobaan terhadap hewan menunjukkan bahwa pemberian ekstrak blueberry selama 8 minggu dapat meningkatkan memori sel otak secara signifikan.

Oleh karena itu peneliti menyimpulkan bahwa polifenol dapat masuk ke otak dan mencegah kerusakan sel otak.

12. Mengatasi Obesitas

Blueberry merupakan makanan rendah kalori dengan GI rendah atau tingkat indeks gliyemic, sebab itulah banyak suplemen diet yang menempatkan blueberry sebagai bahan utama. Indeks glikemik blueberry yang rendah membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Buah ini juga termasuk makanan tinggi serat dan rendah karbohidrat yang lambat diserap oleh tubuh.

Serat yang terkandung dalam blueberry juga membantu mengontrol nafsu makan dan menunda rasa lapar, sehingga Anda dapat memasukan blueberry sebagai daftar makanan jika ada rencana untuk melakukan diet

13. Mengatasi Tanda-tanda Penuaan Dini

Manfaat blueberry antara lain adalah sebagai antipenuaan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa blueberry menduduki peringkat tertinggi sebagai buah yang mengandung antioksidan.

Antioksidan dalam bluberry telah terbukti mengurangi peradangan dan mengurangi stres oksidatif.

Stres oksidatif terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang merusak sel dan kemampuan tubuh untuk melawan efek berbahaya mereka.

BACA JUGA:12 Bahan Masker Wajah Alami untuk Tipe Wajah Kering, Gampang Banget Dapatnya Nih

14. Membantu Pemulihan Otot

Latihan fisik yang terlalu keras dapat memicu kerusakan otot atau exercise-induced muscle damage (EIMD). Kerusakan otot ini dapat menimbulkan gejala berupa nyeri otot, berkurangnya kekuatan otot, dan menghambat kinerja atletik.

Namun, apa yang dimakan atlet sebelum dan/atau setelah olahraga memengaruhi tingkat risiko EIMD.

Dalam sebuah penelitian, atlet wanita mengonsumsi smoothie bluberi atau minuman plasebo dengan kapasitas antioksidan serupa pada 5-10 jam sebelumnya dan segera setelah 12-36 jam setelah EIMD yang dipicu oleh latihan berat.

Kategori :

Terpopuler