Hidangan Tradisional Khas Imlek yang Menggoda Selera dan Penuh Makna!

Jumat 09-02-2024,13:47 WIB
Reporter : Aan Umilah
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Saat perayaan Imlek, beberapa hidangan tradisional khas imlek yang menggoda selera dan penuh makna akan dipersiapkan untuk disantap.

Perayaan Imlek sering dimanfaatkan untuk kumpul bersama, oleh sebab itu tak heran jika masyarakat Tionghoa akan menyajikan makanan tradisional khas Imlek.

Beberapa makanan tradisional akan disajikan di meja makan, mulai dari makanan berat hingga kudapan manis akan tersedia lengkap.

BACA JUGA:5 Bahan Alami Atasi Selangkangan Mulai Menghitam

Menariknya, tidak hanya memiliki rasanya yang nikmat, setiap makanan yang disajikan pun memiliki makna tersendiri lho. Lalu apa saja hidangan tradisional khas Imlek? yuk simak ulasan berikut.

1. Ikan Bandeng

Ikan Bandeng menjadi salah satu hidangan khas imlek yang wajib disajikan dalam jamuan makan, keyakinan ini berasal dari Bahasa Mandarin, di mana kata "ikan" disebut sebagai "yu" atau "yoo," yang berartikan hadiah.

Masyarakat Tionghoa meyakini bahwa ikan merupakan simbol rezeki dan keberuntungan dalam kepercayaan mereka, oleh karena itu ikan bandeng menjadi makanan yang harus disajikan saat imlek.

BACA JUGA:10 Sayuran Ini Jadi Pengendali Purin Khusus Lansia 60 tahun ke Atas, Aman dan Sehat!

Kemudian, jumlah duri yang ada pada ikan bandeng dapat diartikan sebagai perjalanan hidup manusia yang penuh dengan rintangan. Sehingga, diperlukan kehati-hatian dan ketelitian dalam menjalani kehidupan, sebagaimana halnya saat mengonsumsi ikan bandeng yang memerlukan kehati-hatian.

2. Jeruk Mandarin

Selain ikan bandeng, perayaan Imlek juga sering diidentikkan dengan buah berwarna oranye yang memiliki rasa manis dan sedikit asam, yaitu jeruk mandarin. 

Kehadiran jeruk mandarin di meja makan menjadi suatu keharusan karena buah ini dipenuhi oleh makna positif, tidak heran jika jeruk mandarin akan banyak dikonsumsi saat imlek.

BACA JUGA:5 Cara Menghilangkan Uban Rambut Cukup Menggunakan Media Teh, Paling Hitungan Hari Hilang!

Bentuk bulat buah jeruk mandarin yang menyerupai matahari diartikan sebagai simbol kebahagiaan yang membawa keberuntungan, sementara warna oranye yang terkandung di dalamnya melambangkan kemakmuran.

Kategori :

Terpopuler