Yuk Kenali Ciri-ciri Kadar Kreatinin Tinggi dalam Tubuh, Jangan Sampai Lewat di Atas Normal

Kamis 22-02-2024,18:29 WIB
Reporter : Jihan Meiby
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Kreatinin adalah produk limbah yang diproduksi oleh otot manusia yang biasanya dikeluarkan melalui ginjal.

Ginjal yang sehat menyaring kreatinin dari darah Anda, dan meninggalkan tubuh melalui urin.

Dokter dapat mengukur jumlah kreatinin dalam darah dan urin Anda untuk mengetahui seberapa baik kerja ginjal Anda. Pengukuran ini disebut bersihan kreatinin.

Memiliki kadar kreatinin yang tinggi mungkin tidak berbahaya, meski bisa menjadi penanda kondisi kesehatan lain, termasuk penyakit ginjal kronis (CKD).

BACA JUGA:8 Tanda Ginjal Kamu Sehat dan Aman Minum Banyak

Tes darah kreatinin serum, bersama dengan faktor-faktor seperti usia, berat badan, dan riwayat kesehatan, dapat membantu dokter memahami seberapa baik fungsi ginjal Anda dan apakah mungkin ada masalah.

Apa saja yang termasuk dalam tes tingkat kreatinin?

Terkadang kadar kreatinin diuji selama 24 jam. 

Anda akan diminta untuk mengumpulkan semua urin Anda selama jangka waktu tersebut dan membawanya ke dokter Anda.

BACA JUGA:Ginjal Sehat Bisa Dilihat dari Ciri-ciri Warna Urine Manusia, Begini Cara Ceknya

Laboratorium akan menguji jumlah kreatinin dalam urin Anda, lalu membandingkannya dengan jumlah kreatinin dalam darah Anda.

Dilansir dari laman freseniuskidneycare, hal tersebut sekaligus menunjukkan kepada dokter Anda berapa banyak limbah yang disaring keluar dari tubuh Anda dan bagaimana kinerja ginjal Anda.


Bahaya Ginjal Mulai Rusak-brgfx-Freepik

Terkadang tim perawatan Anda membutuhkan jawaban lebih cepat. Jika Anda mengalami gagal ginjal akut, tidak efektif menghabiskan waktu seharian penuh untuk mengumpulkan urin.

Selain itu, sebagian besar dokter tidak ingin membuat Anda mengalami ketidaknyamanan saat mengumpulkan urin sepanjang hari.

Kategori :

Terpopuler