Kamu Suka Makan Kimchi? Lanjutkan, Soalnya Banyak Manfaat Kesehatannya Lho

Senin 26-02-2024,18:44 WIB
Reporter : Jihan Meiby
Editor : Priya Satrio

Kimchi tidak hanya terasa nikmat di lidah tetapi juga menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, terutama karena kandungan probiotiknya.


Khasiat Konsumsi Kimchi untuk Kesehatan Manusia-jcomp-Freepik

Dilansir dari laman Sportskeeda, berikut 6 manfaat kesehatan utama dari mengonsumsi kimchi.

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian dan bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi kimchi berkaitan dengan peningkatan kesehatan jantung dan mencegah risiko penyakit jantung, dengan menurunkan kolesterol dan mengurangi peradangan pada tubuh.

Peradangan adalah salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap sindrom metabolik, yang mengacu pada sekelompok kondisi yang berkontribusi terhadap peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Orang dengan kolesterol tinggi dan peradangan kronis lebih rentan terkena penyakit jantung.

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi kimchi membantu menurunkan kadar lemak di hati, meningkatkan sirkulasi darah yang lancar, yang menyebabkan jantung memompa lebih banyak darah, sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

BACA JUGA:7 Manfaat Keong Bagi Kesehatan, Benarkah Beracun Jika Dikonsumsi?

  • Pencernaan Lebih Baik

Produksi kimchi dan jenis makanan fermentasi serupa melibatkan proses yang disebut fermentasi lakto, yang menggunakan bakteri Lactobacilli untuk memecah gula dan pati menjadi asam laktat.

Di dalam kimchi terdapat bakteri baik yang membantu membersihkan usus, meningkatkan kesehatan usus.

Mengonsumsi makanan fermentasi dapat mengurangi gejala negatif penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. “Bakteri baik” ini juga dapat ditemukan dalam yogurt, dan orang sering menyebutnya sebagai probiotik.

  • Mempromosikan Penurunan Berat Badan

Kimchi sangat rendah kalori dan juga mendorong penurunan berat badan. Penelitian pada orang dewasa yang menderita obesitas menunjukkan bahwa kehadiran Lactobacillus sakei yang berasal dari kimchi dapat membantu mengurangi lemak dan lingkar pinggang pada tubuh.

Demikian pula, penelitian lain menunjukkan bahwa kimchi mungkin menunjukkan sifat anti-obesitas.

Mengonsumsi kimchi mengatur tekanan darah, dan persentase lemak tubuh, yang bertanggung jawab untuk menurunkan berat badan, karena kimchi memiliki jumlah kalori yang rendah, penuh dengan probiotik, dan tinggi serat yang secara signifikan meningkatkan kesehatan jantung.

BACA JUGA:Rahasia Kecantikan Tersembunyi: Mengungkap Manfaat Luar Biasa Air Mawar untuk Kulit yang Sehat dan Bersinar

  • Dapat Mencegah Infeksi Ragi

Kehadiran probiotik dan bakteri sehat dalam kimchi dapat membantu mencegah infeksi jamur. Jamur Candida merupakan mikroorganisme penyebab infeksi jamur vagina, yang berkembang biak dengan sangat cepat di dalam vagina.

Kategori :