Kamu Suka Makan Kimchi? Lanjutkan, Soalnya Banyak Manfaat Kesehatannya Lho

Senin 26-02-2024,18:44 WIB
Reporter : Jihan Meiby
Editor : Priya Satrio

Meskipun antibiotik umumnya digunakan untuk mengobati jamur ini, ada juga beberapa pengobatan alami.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa strain Lactobacillus tertentu dapat melawan Candida. Penelitian telah menunjukkan bahwa kimchi mungkin memiliki sifat antimikroba yang membantu tubuh melawan jamur.

  • Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bakteri Lactobacillus yang ada dalam kimchi dapat meningkatkan sistem perbaikan Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa selain memiliki sifat anti-inflamasi, mengonsumsi makanan fermentasi seperti kimchi telah terbukti membantu merombak mikrobioma usus, yang berdampak pada perubahan dan penguatan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian tabung reaksi yang menyelidiki Lactobacillus menemukan bahwa kimchi memiliki efek meningkatkan kekebalan tubuh.

Sebuah penelitian pada tikus tahun 2014 menunjukkan bahwa mengonsumsi kimchi dapat menurunkan kadar penanda inflamasi tumor necrosis factor-alpha, yang ditemukan pada tingkat yang lebih tinggi di dalam tubuh selama infeksi.

  • Mungkin Memiliki Efek Anti Penuaan

Peradangan kronis tidak hanya menyebabkan beberapa penyakit tetapi juga mempercepat proses penuaan. Kimchi efektif memperpanjang umur sel dengan mengurangi peradangan kronis.

Penelitian tabung reaksi menemukan bahwa sel manusia yang diberi kimchi menunjukkan peningkatan viabilitas, yang meningkatkan kesehatan sel secara keseluruhan, dan juga memperpanjang masa hidup berapa pun usianya. Oleh karena itu, akan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan efektivitas kimchi dalam mengobati peradangan kronis, dan apakah kimchi dapat digunakan sebagai pengobatan untuk memperlambat penuaan.

Kategori :