Rancaekek Dilanda Puting Beliung Mengerikan, BMKG Ungkap Penjelasan Lengkap Soal Fenomena Ini

Selasa 27-02-2024,17:11 WIB
Reporter : Restu Herlambang
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Rancaekek, adalah sebuah kawasan yang biasanya dikenal dengan adanya keindahan alamnya.

Rancaekek mendadak menjadi pusat perhatian setelah di landa oleh puting beliung yang sangat mengerikan.

Pada fenomena alam ini yang sangat jarang terjadi di Indonesia telah menimbulkan kepanikan dan kerusakan di sejumlah wilayah.

BACA JUGA:Wulan Guritno Gugat Mantan Kekasih Ke PN Jaksel, Ternyata Hal Ini Jadi Perkaranya!

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) secara sangat tegas untuk merespons kejadian ini dengan dapat memberikan sebuah penjelasan yang sangat mendalam tentang apa yang sebenarnya sudah terjadi.

Pertama-tama, mari kita pahami apa yang dimaksud dengan puting beliung.

Puting beliung, atau biasa yang sering disebut dengan tornado, merupakan sebuah pusaran angin yang sangat kencang yang dapat menyebabkan adanya kerusakan yang sangat parah pada struktur bangunan dan lingkungan sekitar.

Pada fenomena kali ini yang biasanya terjadi dalam cuaca yang sangat tidak stabil, sering kali di iringi oleh adanya petir, hujan yang sangat lebat, dan awan-awan yang gelap.

BACA JUGA:Tanpa Nunggu Resign Dana BPJS Ketenagakerjaan Bisa Cair, Gini Caranya

Ketika beberapa hari terakhir ini puting beliung telah muncul di kawasan Rancaekek, banyak yang terkejut dengan kekuatan dari puting beliung itu yang sudah menghancurkan.

Banyak rumah-rumah yang sudah roboh akibat angin tersebut, pepohonan pada tumbang, dan beberapa infrastruktur lainnya yang rusak parah.

Warga Rancaekek setempat berbondong-bondong untuk mencari perlindungan dan bantuan setempat.

Namun, dalam keadaan yang sangat genting seperti ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah hadir untuk dapat memberikan sebuah penjelasan yang sangat dibutuhkan.

BACA JUGA:Ikuti Langkah Mudah Membuat Tabungan Mandiri Secara Online

Menurut pakar dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mereka, puting beliung yang melanda kemarin di kawasan Rancarkek merupakan fenomena yang sangat langka namun alami.

Kategori :