Buka Puasa Coba Makan Buah Kurma, Manfaatnya Nggak Main-main!

Senin 11-03-2024,16:31 WIB
Reporter : Aan Umilah
Editor : Priya Satrio

Kandungan kalori dan fruktosa yang terdapat dalam buah kurma berperan penting dalam memberikan tambahan energi saat menjalankan ibadah puasa. 

Selain berfungsi sebagai sumber energi, buah kurma juga mengandung serat yang dapat memberikan sensasi kenyang, menjadikan buah ini sangat baik untuk dikonsumsi saat berbuka maupun sahur.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

BACA JUGA:SIM A dan C yang Mati Bisa Diperpanjang Mulai Minggu Depan, Ada Syarat Khusus Nih!

Berdasarkan jurnal ilmiah Neural Regeneration Research, dikemukakan bahwa kurma memiliki efek perlindungan terhadap stres oksidatif dan peradangan pada otak. 

Buah ini tidak hanya menjadi sumber serat dan nutrisi yang baik, tetapi juga mengandung sejumlah besar antioksidan alami yang dapat membantu menghambat perkembangan penyakit demensia dan Alzheimer.

4. Mencegah Penyakit Jantung

BACA JUGA:Muhammadiyah Usul Sidang Isbat Dihapuskan, Menyingkap Kontroversi dan Respons Kemenag

Rupanya, kurma memiliki kemampuan untuk mencegah risiko terkena penyakit jantung dengan mengurangi kadar trigliserida dan stres oksidatif. 

Hal ini menjadi kritis karena kedua faktor tersebut merupakan pemicu utama terjadinya penyakit jantung dan aterosklerosis, yaitu penumpukan plak lemak pada arteri. 

Selain itu, kandungan antioksidan dan senyawa fitokimia pada kurma juga dapat mengurangi peluang terjadinya stroke serta gangguan kesehatan jantung.

5. Mencegah Makan Berlebihan saat Berbuka Puasa

BACA JUGA:Cek Ramalan Zodiak Sagitarius dan Carpricorn Hari Ini, Kondisi Keuangan Aman?

Disarankan untuk menghindari konsumsi makanan yang berlebihan setelah satu hari berpuasa, hal ini dikarenakan dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada perut atau bahkan menyebabkan perut kembung.

Menyantap kurma saat berbuka puasa dapat membantu mencegah konsumsi makanan berlebihan dengan memberikan sensasi kenyang. 

6. Meringankan Anemia

Kategori :