Kenapa Israel Serang Palestina? Begini Asal Usulnya

Selasa 12-03-2024,19:00 WIB
Reporter : Restu Herlambang
Editor : Priya Satrio

Pada tahun 1967, terjadi Perang Enam Hari antara Israel dan koalisi Arab yang dipimpin oleh Mesir, Yordania, dan Suriah. 

Israel memenangkan perang ini dan menduduki Tepi Barat, Jalur Gaza, Semenanjung Sinai, dan Dataran Tinggi Golan, yang semuanya sebelumnya dikuasai oleh negara-negara Arab.

BACA JUGA:8 Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Bahan Alami Tanpa Perlu Beli Obat ke Dokter Hewan

4. Pembangunan Pemukiman Israel: 

Sejak pendudukan Israel atas Tepi Barat dan Jalur Gaza pada tahun 1967, pemerintah Israel telah membangun pemukiman-pemukiman Yahudi di wilayah-wilayah tersebut. 

Hal ini telah menyebabkan ketegangan yang meningkat antara Israel dan Palestina, karena pemukiman-pemukiman ini dianggap ilegal oleh hukum internasional dan dianggap sebagai hambatan bagi proses perdamaian.

BACA JUGA:Cek 5 Obat Kutu Kucing Terbaik, Bisa Beli di Toko Online Nih!

5, Intifada Pertama : 

Intifada pertama pada tahun 1987 dan Intifada kedua pada tahun 2000 adalah periode pemberontakan rakyat Palestina terhadap pendudukan Israel. 

Intifada kedua khususnya menyebabkan gelombang kekerasan dan pembalasan oleh kedua belah pihak.

BACA JUGA:Berapa Harga Emas di Pegadaian Hari Ini, Selasa 12 Maret 2024? Temukan Jawabannya Disini!

6. Percobaan Perdamaian dan Kekerasan: 

Sejak tahun 1990-an, telah ada upaya-upaya untuk mencapai perdamaian antara Israel dan Palestina, termasuk perjanjian Oslo pada tahun 1993. 

Namun, upaya-upaya ini sering kali gagal karena ketegangan yang berkelanjutan, serangan teroris, pembalasan militer, dan ketidaksetujuan atas masalah-masalah kunci seperti status Jerusalem, perbatasan, dan hak-hak rakyat Palestina.

7. Perjanjian Oslo

BACA JUGA:Berapa Harga Emas di Pegadaian Hari Ini, Selasa 12 Maret 2024? Temukan Jawabannya Disini!

Kategori :

Terpopuler