8 Tips Memakai Retinol yang Benar untuk Pemula, Salah Dikit Bisa Iritasi!

Senin 10-06-2024,22:00 WIB
Reporter : Restu Herlambang
Editor : Priya Satrio

Namun, kombinasi ini harus dihindari karena AHA dan BHA berfungsi sebagai eksfoliator yang mengangkat sel-sel kulit mati, yang membuat kulit lebih halus tapi juga lebih sensitif, jadi eksfoliasi yang dilakukan oleh AHA dan BHA bisa memperlemah lapisan pelindung kulit dan meningkatkan risiko iritasi.

Jika ditambah dengan retinol, yang merangsang regenerasi sel kulit dan produksi kolagen, kulitmu akan dipaksa bekerja lebih keras dan bisa menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif, muncul sensasi tingling, dan pengelupasan.

BACA JUGA:Wah, Keren! Irish Bella Dapat Apresiasi Tinggi karena Rajin Belajar Agama

7. Sebelum Memakai Retinol Sebaiknya Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Sebelum mengaplikasikan retinol pada kulit, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun pembersih yang sesuai ya.

Setelah wajah dibersihkan, keringkan wajah dengan lembut menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepuknya untuk memastikan bahwa kulit benar-benar bersih dan siap menerima produk perawatan.

Hindari mengoleskan retinol langsung pada kulit yang masih lembap, karena hal ini bisa meningkatkan risiko iritasi, jadi sebagai langkah pencegahan, berikan jeda waktu setidaknya 30 menit setelah mencuci muka sebelum mengaplikasikan retinol.

BACA JUGA:5 Bahan Alami Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditemukan di Lingkungan Sekitar

8. Gunakan Moisturizer Sebelum Menggunakan Retinol

Penggunaan serum retinol atau toner retinol sebaiknya diikuti dengan penggunaan pelembap yang lebih kaya atau yang mampu memberikan kelembapan maksimal pada kulit.

Kamu juga bisa mengaplikasikan serum asam hialuronat atau minyak wajah yang melembapkan setelah menggunakan produk yang mengandung retinol, langkah ini bisa membantu mempertahankan kelembapan dan mencegah kekeringan pada kulit.

Untuk mencegah kulit menjadi kering dan menghindari iritasi, jika kulitmu cenderung sensitif tapi kamu ingin menggunakan serum retinol, kamu bisa membalik urutan pemakaiannya, yaitu gunakan pelembap terlebih dahulu, kemudian aplikasikan serum retinol, dengan begitu kelembapan kulit akan terjaga dan retinol tidak langsung bersentuhan dengan kulit.

Kategori :

Terpopuler