Apa Saja yang Jadi Penyebab Muncul Flek Hitam? Simak Penjelasannya

Apa Saja yang Jadi Penyebab Muncul Flek Hitam? Simak Penjelasannya

Flek hitam-freepik-Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Bintik-bintik di wajah, atau yang sering disebut sebagai flek hitam, bisa menjadi masalah kulit yang umum dan mengganggu penampilan. 

Meskipun umumnya tidak berbahaya, flek hitam dapat memengaruhi rasa percaya diri seseorang. 

Bintik-bintik ini biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk paparan sinar matahari, penuaan, hormon, dan kondisi kulit tertentu. 

Berikut ini penyebab utama munculnya bintik-bintik di wajah, memahami mekanismenya, serta memberikan beberapa saran tentang cara mencegah dan mengatasi masalah kulit ini.


Yuk Atasi Masalah Pori-Pori Wajah Dengan Gunakan 1 Bahan Dibawah Ini-@halodoc-Instagram

BACA JUGA:Coba Atasi Chicken Skin dengan Cara Ini, Simak Baik-baik

Paparan sinar matahari adalah salah satu penyebab utama munculnya bintik-bintik di wajah. 

Sinar ultraviolet (UV) dari matahari merangsang produksi melanin di kulit yang berfungsi sebagai pelindung alami terhadap kerusakan akibat sinar UV. 

Namun, paparan berlebihan terhadap sinar matahari dapat menyebabkan produksi melanin yang tidak merata, sehingga muncul bintik-bintik gelap atau hiperpigmentasi. 

Penggunaan tabir surya dengan SPF tinggi dan menghindari paparan matahari langsung, terutama pada jam-jam puncak adalah langkah penting dalam mencegah flek hitam akibat sinar UV.

BACA JUGA:Cara Ini Bisa Meredakan Nyeri Perut Haid, Ini Tips Ampuhnya Sis!

Penuaan juga berkontribusi terhadap munculnya bintik-bintik di wajah. 

Seiring bertambahnya usia, kemampuan kulit untuk memperbarui dirinya sendiri menurun, sehingga kerusakan akibat sinar matahari dan faktor lingkungan lainnya menjadi lebih terlihat. 

Bintik-bintik penuaan, atau liver spots, biasanya muncul pada orang yang berusia di atas 40 tahun dan sering terpapar sinar matahari. 

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya