8 Tips Memakai Retinol yang Benar untuk Pemula, Salah Dikit Bisa Iritasi!

Senin 10-06-2024,22:00 WIB
Reporter : Restu Herlambang
Editor : Priya Satrio

Gunakanlah retinol dalam jumlah yang sangat sedikit, sekitar sebesar biji kacang polong, hal ini penting untuk meminimalkan risiko iritasi pada kulit, terutama bagi mereka yang baru pertama kali mencoba retinol.

Selain itu, tingkatkan intensitas penggunaannya secara bertahap, yaitu mulai dengan mengaplikasikan retinol sekali dalam seminggu, setelah kulit terbiasa, tingkatkan frekuensinya menjadi dua kali seminggu selama dua minggu.

Setelah dua minggu, naikkan frekuensi penggunaan menjadi tiga kali seminggu selama tiga minggu, jika kulitmu sudah menyesuaikan diri dengan penggunaan retinol yang lebih sering, kamu bisa mulai menggunakannya setiap malam.

BACA JUGA:Kasus Pornografi Merajalela, Polisi Minta Jangan Mudah Termakan Bujuk Rayu di Sosmed

4. Pakai Retinol Pada Malam Hari

Produk perawatan kulit yang mengandung retinol sebaiknya digunakan pada malam hari, karena retinol bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Dengan adanya sensitivitas tersebut berarti kulit lebih rentan mengalami kemerahan dan terbakar ketika terpapar sinar matahari langsung.

Penggunaan retinol pada malam hari membantu meminimalkan risiko kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet, karena kulit memiliki waktu untuk meregenerasi dan memulihkan diri tanpa gangguan dari faktor lingkungan eksternal.

BACA JUGA:Ahli Gizi Ungkap 40 Makanan Berserat Tinggi yang Sebaiknya Dikonsumsi Setiap Hari

5. Pakai Sunscreen Saat Siang Hari

Selalu aplikasikan sunscreen saat siang hari ya, penggunaan sunscreen sangat penting karena retinol bisa meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

Ketika kamu menggunakan produk skincare yang mengandung retinol pada malam hari, penting untuk melindungi kulitmu keesokan harinya dengan sunscreen.

Jika tidak dilindungi, maka kulitmu bisa menjadi kemerahan atau kusam karena terpapar sinar matahari tanpa perlindungan.

BACA JUGA:6 Cara Konsumsi Daging Kambing Supaya Tidak Menyebabkan Hipertensi

6. Jangan Pakai Bersamaan Dengan Produk Mengandung AHA/BHA

Demi mendapatkan kulit wajah sehat dengan lebih optimal, kamu mungkin tergoda untuk menggunakan retinol bersamaan dengan produk skincare yang mengandung AHA atau BHA.

Kategori :

Terpopuler