Melamum Punya Manfaat Positif untuk Kesehatan Mental, Begini Caranya

Rabu 19-06-2024,12:00 WIB
Reporter : Aan Umilah
Editor : Priya Satrio

Mengabaikan kebisingan dunia luar dengan melamun memungkinkan pikiranmu mengalir dengan bebas dan membantu dalam mencapai relaksasi mental dan membuka peluang untuk eksplorasi kreatif.

Ketika pikiran mengalir tanpa hambatan, kamu memasuki kondisi yang dikenal sebagai gelombang alfa, dalam kondisi ini, kamu akan merasakan ketenangan yang mendalam dan terlepas dari pikiran-pikiran yang mengganggu.

Penting untuk diingat bahwa otak manusia tidak bisa terus-menerus fokus dan produktif tanpa henti, maka dari itu, untuk menjaga kesehatan otak yang optimal, dibutuhkan periode relaksasi yang rutin, sehingga otak bisa beristirahat, memulihkan diri, dan menjaga kinerjanya tetap optimal.

BACA JUGA:Emosi Kadang Tidak Stabil? Tips Ini Bisa Mengatasinya

4. Membantu Untuk Lebih Memahami Diri Sendiri

Sebuah studi mengungkapkan bahwa melamun memiliki kaitan erat dengan kemampuan untuk mengenali diri secara menyeluruh, dalam penelitian ini, melamun dianggap sebagai proses introspektif yang membantu seseorang memahami dirinya dengan lebih baik.

Saat seseorang melamun, mereka sebenarnya sedang melakukan evaluasi internal tentang perasaan, keinginan dan pemikiran yang memungkinkannya untuk lebih memahami bagaimana mereka bereaksi terhadap situasi tertentu dan bagaimana mereka bisa mengekspresikan emosi dengan lebih efektif.

Selain itu, melalui melamun, seseorang bisa mengeksplorasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, yang pada akhirnya membantu dalam pengembangan diri.

BACA JUGA:Ini 5 Tradisi Unik Menyambut Idul Adha di Indonesia

5. Membuat Diri Lebih Bahagia

Ketika kamu membiarkan pikiran melayang tanpa arah, kamu memberi kesempatan otak untuk beristirahat dan melepaskan ketegangan, yang pada akhirnya bisa meningkatkan suasana hati dan membuat dirimu merasa lebih bahagia.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya menyisihkan sedikit waktu setiap hari untuk melamun dan memberikan otak kesempatan untuk lebih rileks.

Selain itu, melamun juga memberikan kesempatan bagi kamu untuk merenung dan merencanakan masa depan, sebab dengan membayangkan berbagai skenario dan cita-cita yang ingin dicapai, kamu bisa menemukan motivasi baru untuk mewujudkannya.

Kategori :