Ini 5 Tradisi Unik Menyambut Idul Adha di Indonesia

Ini 5 Tradisi Unik Menyambut Idul Adha di Indonesia

sapi idul adha-freepik-Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Selain sebagai momen berkurban dan berbagi, Idul Adha menjadi waktu untuk merayakan berbagai tradisi unik yang kaya akan nilai budaya dan sejarah Indonesia.

Di setiap daerah yang ada di Indonesia, dalam menyambut Idul Adha memiliki ciri khas yang mencerminkan kekayaan budayanya.

Berikut ini beberapa tradisi unik untuk menyambut Idul Adha di Indonesia.


sapi idul adha-jcomp-Freepik

BACA JUGA:Coba Atasi Chicken Skin dengan Cara Ini, Simak Baik-baik

1. Tradisi Meugang di Aceh

Ketika perayaan hari besar agama Islam mendekat, pedagang daging di Aceh mulai menjual daging segar yang digantung dan tersedia untuk dibeli oleh masyarakat setempat.

Tradisi yang dikenal sebagai Meugang, atau dalam bahasa asli disebut Makmeugang, sangat akrab bagi masyarakat Aceh, terutama saat menyambut hari-hari besar keagamaan.

Meugang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Aceh selama berabad-abad, yang ditandai dengan kebiasaan memasak dan menyantap daging sapi atau kerbau bersama-sama dalam berbagai hidangan khas.

BACA JUGA:Jangan Sembarangan! Ini Cara Rawat Luka Luar yang Tepat, Supaya Tidak Berbekas

Sejarah tradisi Meugang bisa ditelusuri kembali ke masa kerajaan Aceh, di mana hewan-hewan disembelih dan dagingnya dibagikan secara grattis kepada masyarakat.

Tradisi ini dimulai sebagai bentuk ungkapan syukur atas kesejahteraan dan kemakmuran yang dianugerahkan kepada tanah Aceh.

Pemberian daging ini tidak hanya bertujuan untuk memastikan semua orang, termasuk yang kurang mampu, bisa merasakan kegembiraan dan kemakmuran bersama, tapi juga memperkuat rasa kebersamaan dan persatuan di antara penduduk.

Hingga saat ini, tradisi Meugang terus dilestarikan oleh seluruh masyarakat Aceh sebagai bagian dari perayaan hari besar keagamaan Islam.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya