Tips Lolos Tes Uji Emisi, Ikuti 4 Langkah Penting Ini Agar Tak Kena Tilang!

Tips Lolos Tes Uji Emisi, Ikuti 4 Langkah Penting Ini Agar Tak Kena Tilang!

Foto: Ilustrasi by Pexels-Anastasia Shuraeva -pexels

Perawatan rutin adalah kunci utama dalam menjaga kendaraan Anda agar tetap dalam kondisi baik dan memenuhi standar emisi yang ditetapkan. Pastikan Anda melakukan perawatan rutin seperti mengganti oli mesin secara teratur, membersihkan filter udara, dan memeriksa sistem pembuangan kendaraan. Dengan melakukan perawatan rutin, Anda dapat memastikan bahwa kendaraan Anda beroperasi dengan efisien dan menghasilkan emisi yang rendah.

2. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Bahan bakar yang digunakan juga berpengaruh pada emisi kendaraan. Pilihlah bahan bakar berkualitas tinggi yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. Hindari penggunaan bahan bakar yang tidak bermutu atau dicampur dengan zat-zat yang dapat meningkatkan emisi kendaraan.

BACA JUGA:Wajib Tahu! 7 Produk Asal Israel yang Masih Eksis di Indonesia, Nomor 3 Sering Kita Konsumsi

3. Periksa Oli, Busi dan Karburator

Memeriksa komponen ini menjadi hal penting untuk meningkatkan sistem kerja mesin dan mempengaruhi emisi yang dikeluarkan. Dengan demikian, Anda perlu melakukan penggantian oli secara rutin agar dapat menjaga busi dan karburator mesin sehingga menghasilkan pembakaran yang lebih efisien.

4. Kontrol Filter dan Saluran Pembuangan Secara Berkala

Langkah ini menjadi hal wajib yang perlu dilakukan. Pastikan Anda memeriksa filter dan saluran pembuangan agar mencegah kotoran yang menumpuk dan menghalangi udara untuk masuk ke mesin.

BACA JUGA:Begini Respons Kaesang Pangarep Soal Hubungan Jokowi dan Megawati yang Diisukan Merenggang

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang kendaraan Anda untuk lolos tes uji emisi.

Memastikan kendaraan Anda memenuhi standar emisi yang ditetapkan oleh pemerintah adalah tanggung jawab setiap pemilik kendaraan.

Selain menghindari risiko tilang dan denda, kendaraan yang memenuhi standar emisi juga berkontribusi pada upaya menjaga kebersihan udara dan lingkungan kita.

Jadi, jangan lupa untuk selalu menjaga kendaraan Anda agar tetap dalam kondisi baik dan siap menjalani tes uji emisi.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya