Catat! 5 Tips Meningkatkan Konsentrasi saat Belajar dalam Waktu Lama

Catat! 5 Tips Meningkatkan Konsentrasi saat Belajar dalam Waktu Lama

Foto: Ilustrasi by Pexels-George Dolgikh-pexels

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Belajar adalah suatu proses yang membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi. 

Namun, seringkali sulit bagi kita untuk tetap fokus dalam belajar dalam waktu lama yang biasanya disebabkan oleh gangguan yang ada disekitar kita.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan memberikan beberapa tips dan cara agar tetap fokus belajar dalam waktu yang lama.

BACA JUGA:Harga Emas di Pegadaian Hari Ini, Jumat 1 Desember 2023: Antam dan UBS Terjun Bebas!

1. Ciptakan Lingkungan Belajar yang Nyaman

Pertama-tama, penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan bebas dari gangguan. Pilihlah tempat yang tenang, di mana Anda tidak akan terganggu oleh suara bising atau gangguan lainnya. 

Pastikan juga bahwa tempat tersebut memiliki pencahayaan yang cukup agar mata Anda tidak mudah lelah. Jika perlu, gunakan earphone atau headphone untuk mengisolasi diri Anda dari suara-suara di sekitar.

2. Memiliki Jadwal yang Teratur

Buatlah jadwal harian atau mingguan yang jelas tentang kapan Anda akan belajar dan berapa lama Anda akan fokus pada setiap sesi belajar. Dengan memiliki jadwal yang teratur, Anda akan lebih mudah mengatur waktu dan menghindari kebingungan atau kebosanan.

3. Jauhkan Handphone dari Jangkauan Anda

Selama sesi belajar, pastikan untuk menghilangkan atau mengurangi gangguan-gangguan dari ponsel atau media sosial. Matikan notifikasi pada ponsel Anda atau letakkan ponsel Anda di tempat yang jauh dari jangkauan Anda.

BACA JUGA:Belanja Kebutuhan Makin Murah dengan Promo 'Gajian Untung' di Alfamart, Buruan Cek Katalognya!

Media sosial dan pesan instan dapat sangat mengganggu dan mengalihkan perhatian Anda. Jika memungkinkan, gunakan aplikasi atau ekstensi yang dapat membantu Anda memblokir atau mengatur waktu penggunaan media sosial.

4. Melakukan Gerakan Peregangan Otot

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya