Jokowi Buka Peluang Fresh Graduate untuk Jadi ASN di 2024, Segini Kuotanya

Jokowi Buka Peluang Fresh Graduate untuk Jadi ASN di 2024, Segini Kuotanya

Jokowi Buka Peluang Fresh Graduate untuk Jadi ASN di 2024, Segini Kuotanya-@cpns.asn-Instagram

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka peluang buat lulusan baru (fresh graduate) untuk masuk jadi aparatur sipil negara (ASN).

Untuk kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 khusus fresh graduate saja yakni disediakan 690 ribu orang.

Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Jumat, 5 Januari 2024.

BACA JUGA:PNIB Yakin ASN POLRI TNI Bisa Jaga Netralitas Pemilu 2024

"Pemerintah membuka formasi CPNS tahun 2024 untuk freshgraduate sebanyak 690 ribu orang, tersebar di instansi pusat 207 ribu dan instansi daerah 483 ribu," papar Jokowi.

Pemerintah disebut Jokowi membutuhkan para lulusan baru demi melewati perubahan besar-besaran di Tanah Air yang angkanta cukup pesat saat ini. 

"Pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital efisiensi birokrasi dan mendorong peningkatan kinerja serta akuntabilitas pemerintah," pungkas Jokowi.

Sementara itu, MenPANRB Abdullah Azwar Anas dengan tegas menyatakan bahwa rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2024 akan memperhatikan kebutuhan pegawai di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

BACA JUGA:Mulai 2024, ASN Akan Mendapatkan Tunjangan Uang Makan Hingga Rp41 Ribu per Hari

Akan tetapi MenPANRB menekankan bahwa jumlah rekrutmen akan disesuaikan dengan kebutuhan Kementerian dan Lembaga (K/L) yang akan pindah ke sana.

"Jumlah pegawai yang akan direkrut ke IKN akan dihitung berdasarkan kebutuhan kementerian/lembaga yang akan pindah ke sana," ujar Azwar Anas di Kompleks Istana Kepresidenan pada hari Jumat, 5 Januari 2024.

Pada tahun ini, setidaknya terdapat 2.302.540 formasi ASN yang akan dibuka, dengan rincian sebanyak 690.822 formasi untuk ASN umum atau lulusan baru, dan 1.605.694 formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Fokus dari rekrutmen ini adalah untuk memperbaiki pelayanan dasar pemerintah, terutama di bidang pendidikan, kesehatan, dan keahlian digital.

BACA JUGA:Segera! Lakukan Sanggah CPNS 2023 Jika Tidak Lolos Seleksi Administrasi, Ikuti 14 Langkah ini

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya