6 Manfaat Kesehatan yang Bisa Didapatkan Saat Olahraga Selama 30 Menit di Pagi Hari, Rutinin Yuk

6 Manfaat Kesehatan yang Bisa Didapatkan Saat Olahraga Selama 30 Menit di Pagi Hari, Rutinin Yuk

6 Manfaat Kesehatan yang Bisa Didapatkan Saat Olahraga Selama 30 Menit di Pagi Hari, Rutinin Yuk-tirachardz-Freepik

Menurut sebuah studi kecil tahun 2021 yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer's Disease, latihan aerobik seperti berjalan kaki dan bersepeda dapat membantu mengurangi penurunan kognisi.

Terlebih lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan aktivitas fisik bahkan dapat membantu mencegah sekitar 3% dari semua kasus demensia, berdasarkan ulasan tahun 2021 di Nutrients.

2. Dapat Mengurangi Tekanan Jantung Darah Anda

Olahraga teratur memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung. Meningkatkan detak jantung Anda meningkatkan sirkulasi darah, yang membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, menurut ulasan tahun 2022 di Transduksi Sinyal dan Terapi Bertarget.

Selain itu, ini membantu menjaga tingkat tekanan darah dalam kisaran normal, sehingga mengurangi ketegangan pada jantung, menurut ulasan tahun 2020 di Journal of American Heart Association.

Selain itu, aktivitas fisik yang sering juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sekaligus meningkatkan proporsi kolesterol HDL (juga dikenal sebagai kolesterol “baik”), berdasarkan ulasan tahun 2020 di American Journal of Physiology-Heart and Circulatory Physiology.

BACA JUGA:Mager Olahraga Pagi? Kenali 4 Trik Jitunya Nih

3. Dapat Mendukung Kesehatan Tulang Anda

Berolahraga juga dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang. Menurut ulasan tahun 2022 yang diterbitkan di Frontiers in Endocrinology, latihan menahan beban dan ketahanan, seperti berlari, melompat, atau mengangkat beban, merangsang pertumbuhan dan penguatan tulang.

Hal ini membantu meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan risiko osteoporosis dan patah tulang di kemudian hari.

Terlebih lagi, olahraga meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, mengurangi kemungkinan terjatuh yang dapat menyebabkan cedera tulang, menurut artikel tahun 2021 di Medical Clinics of North America.

4. Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

Olahraga teratur tidak hanya bermanfaat bagi fungsi kognitif, kesehatan jantung, dan kepadatan tulang, tetapi juga mendukung kualitas tidur. Aktivitas fisik dapat berkontribusi pada tidur yang lebih nyenyak dan nyenyak dengan membantu Anda tertidur lebih cepat dan memperdalam tidur Anda.

Menurut review tahun 2018 di Sleep Medicine Reviews, peningkatan suhu tubuh saat berolahraga diduga dapat meningkatkan kualitas tidur dengan membantunya turun saat tidur. Anda mungkin juga merasa lebih waspada di siang hari dan mengurangi rasa kantuk di siang hari.

Selain itu, olahraga teratur dapat membantu meningkatkan suasana hati dan menenangkan pikiran, seperti meditasi, yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya