5 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Kesehatan Jantung, Bisa Lebih Aman!

5 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Kesehatan Jantung, Bisa Lebih Aman!

5 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Kesehatan Jantung, Bisa Lebih Aman!---Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Ternyata apabila melakukan pola makan yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Hal tersebut dikarenakan makanan yang kita konsumsi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri, sehingga mengurangi aliran darah.

Seorang konsultan ahli jantung intervensi dari Ujala Cygnus Group of Hospitals, Dr Vijay Kumar menyatakan bahwa makanan super sangatlah penting untuk kesehatan jantung karena mengandung nutrisi, antioksidan, dan serat yang tinggi.

Berikut adalah lima makanan super yang bermanfaat bagi kesehatan jantung:

BACA JUGA:Simak Tips Ampuh Bersihkan Kasur dari Kotoran Tungau, Cukup Sediakan Baking Soda!

1. Ikan Berlemak seperti Salmon dan Makarel

Ikan berminyak seperti salmon, makarel, dan sarden mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Asam lemak ini membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi pembekuan darah, dan mengurangi peradangan, sehingga mendukung kesehatan jantung. Mengonsumsi dua porsi ikan berminyak per minggu dapat secara signifikan meningkatkan kesehatan jantung.

2. Buah-buahan Beri seperti Blueberry dan Stroberi

Buah-buahan beri seperti blueberry dan stroberi kaya akan antioksidan seperti polifenol, vitamin, dan serat, yang akan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi stres oksidatif. Menambahkan segenggam buah beri ke dalam pola makan harian dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk mendukung kesehatan jantung.

3. Gandum

Semangkuk oat gandum bisa menjadi pilihan yang menyehatkan jantung. Mengandung serat larut seperti beta-glukan, oat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Oat juga memberikan pelepasan energi yang stabil. Makanan super yang kaya serat ini juga membantu menjaga kestabilan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, yang secara tidak langsung bermanfaat bagi kesehatan jantung.

BACA JUGA:5 Cara Mudah Mempercepat Kematangan Alpukat, Tips Simpel Ini Wajib Dicoba!

4. Kacang-kacangan seperti Almond dan Kenari

Kacang-kacangan seperti almond dan kenari kaya akan nutrisi dan mengandung lemak yang sehat untuk jantung. Kacang-kacangan ini membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Memilih camilan segenggam kacang-kacangan atau memasukkan biji-bijian ke dalam makanan dapat memberikan cara yang nyaman dan lezat untuk menjaga kesehatan jantung.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya