Kenapa Diabetes dan Penyakit Ginjal Bisa Erat Kaitannya? Begini Faktanya

Kenapa Diabetes dan Penyakit Ginjal Bisa Erat Kaitannya? Begini Faktanya

Penyakit Diabetes-@pikisuperstar-Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Penyakit diabetes dan Penyakit ginjal sangat sering kali terkait erat kan, dengan diabetes menjadi salah satu faktor yang risiko utama nya untuk perkembangan pada Penyakit ginjal.

Pada fenomena ini tidak hanya dapat mempengaruhi pada kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga dapat menyebabkan dampak yang sangat signifikan pada kualitas hidup individu yang sudah terkena dampak tersebut.

Untuk dapat memahami mengapa hubungan ini sangat begitu kuat, kita dapat perlu melihat lebih dalam lagi tentang bagaimana diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

BACA JUGA:Cara Mudah Mengajukan Pinjaman Online BCA, Bisa Dapat Limit Hingga Rp 20 Juta Loh!

Mekanisme yang Mendasari Hubungan antara Diabetes dan Penyakit Ginjal

Diabetes mellitus terutama tipe 2 merupakan penyait yang dapat ditandai dengan adanya tinggi pada kadar glukosa atau gula dalam darah.

Pada kondisi ini dapat menyebabkan pada kerusakan pembuluh darah kecil di dalam seluruh tubuh, termasuk pada ginjal.

Dikarenakan ketika kadar glukosa atau gula dalam darah sedang tinggi, maka ginjal akan bekerja lebih keras lagi untuk dapat menyaring nya dari darah.

BACA JUGA:7 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes, Gula Auto Bisa Naik!

Nefropati Diabetes: Komplikasi Ginjal yang Disebabkan oleh Diabetes


diabetes-wirepick-Freepik

Salah satu pada komplikasi ginjal yang sudah paling umum dapat dikaitkan dengan diabetes yaitu nefropati diabetes, yang dimana merupakan kerusakan pada glomeruli yang dimana akibat tekanan pada darah yang sangat tinggi dan mengalami peradangan.

Ini dapat menyebabkan sebuah protein yang keluar dari darah dan masuk ke dalam urin yaitu disebut dengan proteinuria, yang dimana merupakan sebuah tanda kerusakan pada ginjal.

Pada seiring nya waktu nefropati diabetes dapat berkembang menjadi penyakit gagal ginjal, ynang dimana gagal ginjal dapat kehilangan dalam kemampuannya untuk dapat menyaring limbah-limbah, dan kelebihan cairah dari darah dengan efektif.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya