Kenapa Diabetes dan Penyakit Ginjal Bisa Erat Kaitannya? Begini Faktanya

Kenapa Diabetes dan Penyakit Ginjal Bisa Erat Kaitannya? Begini Faktanya

Penyakit Diabetes-@pikisuperstar-Freepik

BACA JUGA:5 Buah yang Bisa Bantu Hempaskan Bekas Koreng, Kulit Jadi Balik Mulus Lagi Deh

Faktor Risiko Tambahan dan Pengelolaan Diabetes untuk Mencegah Penyakit Ginjal

Selain pada kadar glukosa atau gula darah yang sangat tinggi, faktor risiko tambahan lainnya jufa seperti pada tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi. 

Dan jika mempunyai riwayat keluarga penyakit ginjal yang dimana dapat meningkatkan risiko kepada seseorang untuk dapat mengembangkan nefropati diabetes.

Oleh karena itu, sangat penting bagi individu dengan mempunyai glukosa yang tinggi untuk mengelola kondisi mereka dengan baik melalui pengontrolan kadar glukosa pada darah yang rendah, dapat mengontrol tekanan darah, dan melakukan gaya hidup sehat.

BACA JUGA:Menu Hari Libur, Yuk Coba Ikuti Resep Masakan Tongsemg Ayam Ini

Pentingnya Pencegahan dan Pengelolaan yang Dini

Pencengahan pada nefropati diabetes dan pada penyakit ginjal lainnya sangat penting dalam manajemen diabetes pada jangka yang sangat panjang.

Ini dapat melibatkan pengelolaan yang sangat ketat terhadap glukosa darah, tekanan darah, dan kolestrol, serta dapat pemantauan secara rutin fungsi ginjal melalui tes darah dan urin.

Penting nya edukasi kepada pasien tenrang penting nya pencegahan dan deteksi dini penyakit ginjal juga pening, sehingga dimana mereka dapat mengambil langkah-langkah yang dapat diperlukan untuk meninmbulkan komplikasi yang berkaitan dengan diabetes.

BACA JUGA:7 Manfaat Kesehatan Biji Chia yang Ternyata Efeknya Jangka Panjang, Kamu Harus Coba!

Jadi pada kesimpulan nya yaitu, penyakit diabetes dan penyakit ginjal sudah memiliki hubungan yang sangat erat.

Dengan adanya kita memiliki riwayat diabetes akan menjadi sebuah faktor risiko utama untuk perkembangan penyakit ke organ ginjal.

Dengan dimana kita dapat mengerti pemahaman yang lebih baik tentang mekanisme yang sudah mendasari hubungan ini dan penting nya dapat pengelolaan secara baik.

Kita juga dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegah dan mengelola komplikasi pada ginjal yang berkaitan dengan diabetes.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya