Awas! Gejala Serangan Jantung pada Wanita Seringkali Berbeda dengan Pria, Ini Tanda-tandanya

Awas! Gejala Serangan Jantung pada Wanita Seringkali Berbeda dengan Pria, Ini Tanda-tandanya

Awas! Gejala Serangan Jantung pada Wanita Seringkali Berbeda dengan Pria, Ini Tanda-tandanya-8Photo-Freepik

Wanita dari segala usia harus menangani penyakit jantung dengan serius,” kata Dr. Alur.

"Banyak perempuan cenderung meremehkan gejala yang mereka alami dan tidak mencari perawatan sampai kerusakan jantung sudah terjadi dan kunjungan ke ruang gawat darurat diperlukan. Kami ingin perempuan memahami pentingnya mendengarkan tubuh mereka, memahami apa yang terasa normal bagi mereka, dan mencari perawatan sebelum gejalanya menjadi parah." tambahnya.

Bulan Jantung adalah saat yang tepat untuk menambah pengetahuan tentang penyakit jantung pada wanita. Berikut beberapa fakta yang mungkin belum Anda ketahui.

BACA JUGA:Sudah Ada 2 Kasus di Indonesia! Serangan Cacar Monyet Bisa Dideteksi dari 8 Tanda ini, Dinkes DKI Jakarta: Harus Waspada!

Penyakit jantung menyerang wanita dari segala usia


cara atasi serangan jantung-ropisme-Freepik

Kombinasi pil KB dan merokok meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 20% pada wanita muda, menurut American Heart Association. Risiko juga meningkat seiring bertambahnya usia wanita.

Makan berlebihan dan menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak merupakan faktor yang menyebabkan penyumbatan arteri seiring berjalannya waktu. Jangan biarkan usia membuai Anda pada rasa aman yang palsu.

Penyakit jantung bukan hanya soal perawatan diri

Sayangnya, semua salad dan yoga di dunia tidak bisa menghilangkan risiko penyakit jantung Anda. Riwayat keluarga sering kali berperan.

Mengetahui nomor kesehatan jantung Anda dapat membantu

American Heart Association merekomendasikan Anda mulai memeriksakan kolesterol Anda pada usia 20 tahun, atau lebih awal jika keluarga Anda memiliki riwayat penyakit jantung. Penting juga untuk memeriksa tekanan darah Anda secara teratur.

Wanita bisa terkena serangan jantung tanpa gejala sebelumnya

Menurut American Heart Association, 64% wanita yang meninggal mendadak karena penyakit jantung koroner tidak memiliki gejala sebelumnya.

Ketika wanita mengalami gejala serangan jantung, tanda-tanda tersebut seringkali disalahartikan. Gejala yang dialami wanita sering kali tidak jelas—sesak napas, mual/muntah, dan nyeri punggung atau rahang. Wanita lain mengalami pusing, sakit kepala ringan, nyeri di dada bagian bawah atau perut bagian atas, dan kelelahan ekstrem. Jika ada yang tidak beres atau tidak beres, jangan menunggu untuk mencari pertolongan medis.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya