Kamu Suka Makan Kimchi? Lanjutkan, Soalnya Banyak Manfaat Kesehatannya Lho

Kamu Suka Makan Kimchi? Lanjutkan, Soalnya Banyak Manfaat Kesehatannya Lho

Manfaat Konsumsi Kimchi untuk Kesehatan-jcomp-Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Kimchi adalah hidangan tradisional Korea yang dibuat dengan sayuran asin dan difermentasi.

Kimchi mungkin mengandung berbagai bahan yang sebagian besar termasuk kubis dan bumbu seperti garam, gula, bawang merah, bawang putih, jahe dan cabai.

Kimchi mengandung probiotik dan kaya akan berbagai nutrisi yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, memiliki sifat anti inflamasi, dan beberapa manfaat lainnya.

Sebelum lemari es ditemukan, sangat sulit untuk mengawetkan makanan dalam jangka waktu yang lebih lama tanpa membusuk.

BACA JUGA:5 Masker yang Bermanfaat untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Oleh karena itu, makanan yang diawetkan seperti kimchi menjadi media populer untuk menyimpan makanan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Lantas apa sih sebenarnya kimchi itu, dan adakah manfaat kesehatan dari mengonsumsi masakan tradisional Korea ini?

Pada zaman dahulu, menanam sayuran segar tidak mungkin dilakukan sepanjang tahun karena teknologi pertanian belum begitu berkembang.

Jadi masyarakat terutama menggunakan teknik pengawetan makanan seperti pengawetan dan fermentasi, untuk mengawetkan dan mengkonsumsi makanan, terutama sayuran di luar musim.

BACA JUGA:Simak Manfaat Baik dari Membaca Novel untuk Anak, Bukan Sekadar Hiburan Biasa Loh

Pengawetan dan fermentasi adalah metode yang menggunakan mikroorganisme dan enzim tertentu untuk menciptakan perubahan kimiawi pada makanan sehingga meningkatkan umur simpannya.

Kimchi biasanya berisi sayuran seperti kubis, lobak, seledri, wortel, mentimun, terong, bayam, daun bawang, bit, dan rebung ditambah dengan bumbu seperti gula, garam, bawang merah, bawang putih, jahe dan cabai.

Di Korea, proses fermentasi tradisional kimchi bisa memakan waktu hingga 1 bulan, di mana kimchi disimpan dalam toples khusus, dan kemudian disimpan sebagian atau seluruhnya di bawah tanah.

Meskipun kimchi biasanya dimakan setelah difermentasi, kimchi juga bisa dimakan segar, atau tidak difermentasi segera setelah persiapannya.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya