Manfaat Tersembunyi Brotowali Bagi Kesehatan, Ampuh Hambat Pertumbuhan Sel Kanker?

Manfaat Tersembunyi Brotowali Bagi Kesehatan, Ampuh Hambat Pertumbuhan Sel Kanker?

brotowali manfaatnya banyak-racool_studio-Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.IDTerkenal sekali dengan rasa pahitnya brotowali ternyata banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Banyak orang yang enggan mengkonsumsi minuman ini lantaran rasa pahitnya membuat mual dan membuat hawa mulut menjadi tidak enak.

Brotowali mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin C, serta berbagai mineral, seperti fosfor, kalium, mangan, kalsium, zinc, zat besi, dan tembaga.

BACA JUGA:6 Shio yang Diprediksi Akan Banjir Uang di Bulan Maret 2024, Apakah Kamu Salah Satunya?

Tak hanya itu saja brotowali juga mengandung antioksidan flavonoid dan beragam zat lainnya, termasuk alkaloid, glikosida, tanin, steroid, dan terpenoid, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Brotowali bagi Kesehatan yang bisa kamu ketahui yaitu :

1. Menurunkan kadar gula darah

Salah satu manfaat brotowali yang sudah dikenal sejak lama adalah sebagai obat herba untuk menurunkan kadar gula darah. Efek ini baik untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes tipe 2.

BACA JUGA:Info Cuaca Terbaru Hari Ini, Jumat 8 Maret 2024: BMKG Prediksi Hujan Guyur Jabodetabek Siang Ini!

Manfaat tersebut juga didukung oleh beberapa riset yang menunjukkan bahwa brotowali bisa memperbaiki kinerja hormon insulin dan mencegah terjadinya resistensi insulin, sehingga dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Meski demikian, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan brotowali untuk mengobati diabetes secara alami karena tanaman ini bisa menimbulkan efek samping berupa kerusakan hati dan hipoglikemia, terutama jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan dari dokter.

2. Mencegah kambuhnya gejala alergi

Ada riset yang menyebutkan bahwa konsumsi brotowali terlihat dapat mengurangi gejala alergi, seperti bersin, pilek, gatal-gatal, dan bentol-bentol di kulit. Penelitian tersebut bahkan menunjukkan bahwa brotowali dapat mengurangi kambuhnya penyakit alergi, seperti rhinitis alergi dan eksim.

BACA JUGA:Utang Puasa Tahun Lalu Belum Lunas Tapi Bulan Ramadan Segera Datang, Gimana Dong? UAS Bilang Begini...

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya