Kenapa Israel Serang Palestina? Begini Asal Usulnya

Kenapa Israel Serang Palestina? Begini Asal Usulnya

Asal Usul Kenapa Israel serang Palestina, Begini Kronologinya-FOTO-ISTIMEWA

Tanah ini memiliki sejarah yang sangat panjang, bahkan di perbincangan sebelum masa masehi (SM). Penamaan Tanah Kanaan, pertama kali muncul di sumber-sumber sejarah Peradaban Mesopotamia bertarikh dari abad ke-18 SM.

BACA JUGA:3 Fakta Kasus Sekeluarga Bunuh Diri Loncat dari Apartemen Penjairngan, Tangannya Terikat!

Di sumber prasasti tertulis itu, Kanaan berarti "ungu kemerahan". Ini merujuk pada daerah tersebut menjadi penghasil warna ungu.

Di masa pra-aksara, Tanah Kanaan pun sudah ditempati oleh manusia purba jenis Cro-Magnon dan Neanderthal yang hidup di zaman Paleolitikum atau (8.000 SM - 3.000 SM). Mereka melakukan aktivitas biasa sesuai perkembangan otaknya, yakni bertani dan membentuk permukiman.

Setelahnya dari masa ke masa, mulai dari zaman besi dan perunggu, Tanah Kanaan selalu dihuni oleh manusia. Soal penduduk asli Tanah Kanaan disebut juga sebagai orang Kanaan.

Mereka adalah keturunan bangsa Semit yang tinggal dalam kurun 2.000 SM - 1.700 SM. Mereka yang juga dikenal sebagai orang Amori menjadi penduduk mayoritas di tanah itu. Mereka kerap bermigrasi ke Barat (kini Mesir) lalu ke Timur (Jazirah Arab).

BACA JUGA:4 Rekomendasi Sabun Batangan untuk Kulit Wajah Sensitif

Namun, di akhir Zaman Perunggu (1.550 - 1.200 SM), terjadi perubahan di Tanah Kanaan usai bangsa Mesir memasuki kawasan. Mereka merebut desa-desa orang Kanaan dan mengusir mereka.

Ketika terjadi pengusiran inilah, terjadi kebangkitan peradaban. Terkait ini, banyak sejarawan berpendapat inilah awal mula peradaban Israel yang ditandai dengan berdirinya Kerajaan Yehuda dan Israel.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya