Keutamaan Berbagi Rezeki Melalui Traktir Buka Puasa di Bulan Ramadhan, Yuk Tebar Kebaikan!

Keutamaan Berbagi Rezeki Melalui Traktir Buka Puasa di Bulan Ramadhan, Yuk Tebar Kebaikan!

Keutamaan Berbagi Rezeki Melalui Traktir Buka Puasa di Bulan Ramadhan, Yuk Berbagi Kebaikan!-freepik-freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan serta diwajibkan untuk berpuasa sepanjang hari sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. 

Namun, puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus, tetapi juga merupakan kesempatan untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam bulan Ramadhan adalah traktir buka puasa kepada orang lain.

BACA JUGA:Cobalah Lakukan Istighfar 1000 Kali, Bisa Jadi Kunci Rahasia Keutamaan Spiritual yang Menggetarkan Hati

Traktir buka puasa merupakan suatu bentuk kebaikan dan amal yang sangat mulia. Dengan traktir buka puasa, kita tidak hanya dapat menikmati hidangan lezat bersama-sama, tetapi juga mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.


Keutamaan Berbagi Rezeki Melalui Traktir Buka Puasa di Bulan Ramadhan, Yuk Berbagi Kebaikan!-freepik-freepik

Pahala traktir buka puasa kepada orang lain sangatlah berlimpah. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Zaid bin Khalid Al-Juhani RA, Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Barangsiapa memberi makan orang yang berbuka puasa, maka baginya pahala yang sama seperti orang yang berbuka puasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berbuka puasa itu sedikit pun." (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192).

Dari hadis di atas, kita dapat memahami betapa besar nilainya pahala traktir buka puasa kepada orang lain. Dengan memberi makan kepada orang yang berbuka puasa, kita akan mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut. Sungguh luar biasa, bukan?

BACA JUGA:8 Keutamaan Beristighfar Bagi Seorang Muslim, Hapuskan Dosa-dosa Terdahulu

Dalam riwayat lain, disebutkan dari Anas RA, Nabi SAW dihidangkan roti dan mentega daan mengunjungi tempat Sa'ad bin Ubadah RA, beliau bersabda:

"Telah berbuka di tempatmu orang yang berpuasa, telah makan makananmu orang-orang yang baik, dan malaikat mendoakanmu.” (HR Abu Dawud dengan sanad shahih).

Traktir buka puasa juga merupakan salah satu bentuk kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama. Dengan traktir buka puasa, kita dapat berbagi rezeki dan kebahagiaan dengan orang lain. 

Kita dapat merasakan kebahagiaan yang luar biasa ketika melihat senyum bahagia di wajah orang yang kita traktir buka puasa. Hal ini juga akan membawa kedekatan dan kebersamaan di antara sesama umat Muslim.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya