Mau Tahu Rem Hidrolik Mobil? Intip Cara Kerjanya dan Komponennya di Sini

Mau Tahu Rem Hidrolik Mobil? Intip Cara Kerjanya dan Komponennya di Sini

Ingin Tahu Rem Hidrolik Mobil? Simak Cara Kerjanya dan Komponennya di Sini-wuling.id-wuling.id

1. Pedal Rem/Tuas Rem

Pedal rem atau tuas rem ini disebut juga sebagai input device. 

Hal ini karena pedal rem berfungsi sebagai input yang digunakan untuk mengetahui kapan waktunya rema akan aktif dan kapan rem akan non aktif. 

BACA JUGA:Promo Lebaran Package dari Richeese Factory: Nikmati Chicken Whole + 1 Liter Minuman Semurah Ini!

Ringkasnya, saat pedal rem ditekan maka rem tersebut akan aktif. 

Dalam hal ini pedal bertugas untuk memasukkan daya tekan yang dari pengemudi agar sistem hidrolik rem dapat bergerak.

2. Master Silinder

Master silinder merupakan komponen rem hidrolik yang berfungsi untuk mengubah gerakan mekanis menjadi tekanan hidrolik. 

Pengubahan ini berguna karena prinsip kerja sistem hidrolik ini adalah dengan menggunakan tekanan yang berasal dari fluida. 

BACA JUGA:Ramalan 6 Shio Terkini Senin 1 April 2024: INGAT, Jangan Buang Waktumu Sia-sia!

Selanjutnya energi gerak yang berasal dari pedal akan ditransfer ke tekanan hidrolik oleh master silinder tersebut.

Master silinder sendiri terdiri dari tabung dan piston

Piston pada bagian ini terhubung dengan pedal rem yang kemudian akan bergerak bolak balik di dalam tabung. 

Gerakan piston inilah yang akan mempengaruhi ruang di dalam tabung sehingga jika jika di dalam tabung terdapat fluida maka tekanan tersebut akan berubah mengikuti gerakan dari piston.

BACA JUGA:Promo Diskon 50% Semua Varian Side Dish di Yoshinoya, Begini Cara Dapatkannya!

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya