Puasa Segera Berakhir, Lakukan 5 Amalan Ini di 10 Malam Terakhir Bulan Ramadan

Puasa Segera Berakhir, Lakukan 5 Amalan Ini di 10 Malam Terakhir Bulan Ramadan

Amalan di bulan ramadan-desEYEns-Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Dalam 10 malam terakhir Ramadan para malaikat turun ke bumi untuk membawa rahmat dan mengatur segala urusan atas izin Allah SWT, pada 10 malam ini juga terdapat malam mulia yang disebut Lailatul Qadar.

Rasulullah SAW sangat menyukai 10 malam terakhir ini, karena terdapat banyak keberkahan dan rahmat Allah SWT didalamnya. Rasulullah saw. juga banyak memberi contoh untuk memanfaatkan malam-malam ini dengan sebaik mungkin untuk beribadah dan melakukan banyak kebaikan. 

Barangsiapa mengerjakan banyak ibadah serta sholat yang dijalankan dengan penuh rasa keimanan maka segala dosa-dosanya akan dihapuskan oleh Allah SWT. Berikut ini akan kita bahas amalan-amalan yang bisa dilakukan di 10 malam terakhir bulan ramadan.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Aquarius 6 April 2024: Waspada Makanan Manis dan Berminyak!

1. Memperbanyak Membaca Al-Qur'an

Memperbanyak membaca Al-Qur'an memiliki banyak keutamaan terutama pada 10 malam terakhir bulan Ramadan karena di 10 malam terakhir terdapat malam yang disebut Lailatul Qadar, pada malam inilah Al-Qur'an diturunkan.

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Tidak diketahui dengan pasti kapan akan terjadi namun biasanya terdapat pada tanggal ganjil seperti 21, 23, 25, 27, dan 29 Ramadan.

Tadarus Qur'an selain bisa menambah banyak pahala jika dilakukan di 10 malam terakhir juga bisa menjadi syafaat di hari kiamat nanti bagi pembacanya. Setiap satu huruf dari ayat Al-Qur'an terdapat satu pahala dan kebaikan.

BACA JUGA:Gelar Sholat Ied Lebih Awal, Imam Masjid Aolia Ngaku Sudah Telpon Allah SWT: 'Saya Tidak Pakai Perhitungan!'

2. Perbanyak Sholat Malam

Sholat malam yang dimaksud bukan hanya sholat tarawih tapi juga sholat yang lainnya seperti tahajud dan sholat malam Lailatul Qadar.

Memperbanyak sholat malam ini telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Beliau menghidupkan malam-malam terakhir Ramadan dengan beribadah seperti sholat dan dzikir hingga fajar.

kamu juga bisa menghidupkan malam-malam terakhir Ramadan dengan mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW bersama dengan seluruh anggota keluarga.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Sumber: