Ternyata Tradisi Halal Bihalal Cuma Ada di Indonesia, Kenapa?

Ternyata Tradisi Halal Bihalal Cuma Ada di Indonesia, Kenapa?

Tradisi Halal Bihalal Yang Hanya Ada Di Indonesia-@folkative-Instagram

Ada pula yang mengatakan kalau Halal Bihalal bermula dari KH Abdul Wahab Hasbullan di tahun 1948, beliau adalah seorang ulama pendiri Nahdlatul Ulama (NU)

KH Abdul Wahab Hasbullan mengenalkan Halal Bihalal kepada Presiden Soekarno sebagai bentuk silaturahmi antar pemimpin politik yang pada saat itu Indonesia masih berada dalam konflik nasional dengan Belanda.

Presiden Soekarno mengundang seluruh tokoh politik datang ke Istana Negara tepat pada pelaksaan Idul Fitri tahun 1948 dengan mengusung judul Halal Bihalal.

Pada acara tersebut, semua tokoh politik duduk di satu meja untuk memperkuat persatuan bangsa. Setelah hal ini rampung, berbagai instansi pemerintah juga ikut menyelenggarakannya hingga menjadi tradisi turun temurun masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:Baca 4 Tips Ini, Agar Dapat Harga Murah Ketika Ikut Lelang Mobil

 - Tujuan Dilakukannya Halal Bihalal

Halal Bihalal bertujuan untuk mempererat silaturahmi serta menjaga keharmonisan dalam hubungan antar individu.

Pada momen berlebaran, Halal Bihalal merupakan tempat untuk melakukannya maaf-maafan, memohon maaf atas segala rasa sakit hati yang timbul karena perkataan atau perbuatan yang adakalanya tidak sengaja dilakukan.

Halal Bihalal juga bisa menjadi momen pertemuan untuk mendekatkan yang jauh sekaligus bersilaturahmi dengan kerabat, teman, atau orang-orang tersayang yang sudah lama tidak ditemui karena terpisah jarak dan waktu serta kesibukan yang melanda.

BACA JUGA:Segini Biaya Balik Nama untuk Mobil Bekas di Tahun 2024

 - Apa Yang Biasa Dilakukan Saat Halal Bihalal

Tradisi Halal Bihalal biasanya dilakukan disatu tempat tertentu sesuai kesepakatan bersama.

Biasanya hal yang pertama dilakukan adalah maaf-maafan, sungkeman kepada yang lebih tua, serta salam-salaman sambil mengucapkan selamat Idul Fitri.

Jika dalam pertemuan tersebut terdapat anak-anak yang masih sekolah biasanya diberikan THR oleh yang lebih tua, setelah itu dilanjut dengan acara makan bersama sekaligus berbincang-bincang untuk mempererat silaturahmi.

BACA JUGA:Atalanta Permak Liverpool di Leg Pertama Liga Europa: Skor 0-3

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya