Gugup Bicara di Depan Umum? Ini 5 Tips Utamanya

Gugup Bicara di Depan Umum? Ini 5 Tips Utamanya

Gugup Bicara di Depan Umum? Ini 5 Tips Utamanya---Istimewa

3. Atur Napas Sebelum Berbicara

Sebelum menuju ke posisi dimana kamu harus berada untuk berbicara, tenangkan dirimu, atur napas dengan baik dengan cara menarik napas dan hembuskan yang diulangi beberapa kali sampai benar-benar tenang.

Sesaat sebelum mulai berbicara tariklah napas untuk mengusir gugup yang sedang melanda.

Pengaturan napas yang kamu lakukan sebelum naik dan saat berada ditempatmu, membuat diri kamu lebih mudah untuk mengatur tempo berbicara nantinya.

BACA JUGA:8 Bahan Alami yang Mampu Atasi Masalah Diare Pada Anak, Proses Penyembuhan Cepat!

4. Bicara Dengan Perlahan

Maksud berbicara dengan perlahan ini adalah jangan berbicara dengan tempo yang cepat dan tergesa-gesa karena audiens tidak akan bisa mendengarkan isi materi dengan baik.

Jangan juga berbicara terlalu lambat karena akan terlihat membosankan dan para pendengar tidak bisa memahami isi materi.

Bicaralah dengan tempo yang tepat, pikirkanlah kamu sedang berbicara dengan orang terdekatmu, jika dirasa terlalu gugup hingga mempercepat tempo berbicara, ambillah jeda beberapa saat untuk menenangkan diri.

BACA JUGA:Utamakan Puasa Syawal atau Ganti Hutang Puasa Ramadhan Dulu? Ini Jawaban Ustadz Syafiq Riza Basalamah

5. Jangan Meletakan Fokus Pada Audiens

Gugup bisa melanda seseorang karena terlalu berfokus pada tatapan yang diberikan oleh audiens. Terkadang tatapan seseorang bisa terlihat begitu mengintimidasi saat kita sedang tampil di depan umum, padahal pada kenyataannya mereka melihat kita dengan cara yang biasa saja.

Jika gugup tetap tidak bisa dikendalikan maka jangan tatap mata audiens tapi tataplah bagian T-Zonenya misalnya dahi, bagian tengah diantara alis serta bagian tengah diantara mata.

Kamu juga bisa melakukan improvisasi dengan bergerak sesuai dengan hal yang kamu bicarakan tapi jangan terlalu banyak bergerak ya karena akan terlihat aneh dan sedikit mengganggu di mata para penyimaknya.

BACA JUGA:8 Bahan Alami yang Mampu Atasi Masalah Diare Pada Anak, Proses Penyembuhan Cepat!

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya