Sorotan FSGI Akan Inovasi Kemendikbudristek Tangani Kekerasan di Sekolah

Sorotan FSGI Akan Inovasi Kemendikbudristek Tangani Kekerasan di Sekolah

Sorotan FSGI Akan Inovasi Kemendikbudristek Tangani Kekerasan di Sekolah-https://www.fsgi.or.id/-Website

"Jadi langkah yang dilakukan Kemendikbudristek sudah benar karena memang kekerasan merebak dan begitu tinggi. Ini bukan berarti selama ini tidak terjadi atau sudah terjadi, tetapi baru kali ini secara regulasi secara program itu dibangun betul untuk pencegahan dan penanganan yang tepat untuk pencegahan," ujar Retno.

Hal ini membuktikan bahwa tindakan yang diambil oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) diapresiasi secara luas oleh Forum Sekolah dan Guru Indonesia (FSGO).

Melalui program-program pelatihan dan pendampingan yang dilaksanakan di berbagai sekolah, harapannya adalah menciptakan suatu atmosfer belajar yang tidak hanya aman secara fisik, tetapi juga nyaman secara emosional bagi para siswa dan tenaga pendidik, langkah-langkah konkret ini menjadi tonggak penting dalam mewujudkan visi pendidikan yang inklusif dan berdaya saing tinggi di Indonesia.

Retno mencermati fakta bahwa masih terjadi kekerasan di sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama.

BACA JUGA:Wah! Adam Subarkah Sebut Poin Ini Harus Ada dalam Riders Sheila On 7

Dalam konteks ini, ada dorongan kuat agar Kementerian Agama mengadopsi pendekatan yang telah dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam upaya pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan sekolah.

Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta suatu transformasi positif yang menyeluruh dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menginspirasi bagi seluruh peserta didik dan staf pendidik di sekolah-sekolah yang dikelola oleh Kementerian Agama.

"Maka kita patut apresiasi ketika regulasinya dibuat kemudian program-programnya mengarah ke sana, bahkan membentuk pokja dalam penanganan kekerasan pendidikan. Menurut saya ini terobosan dan hal yang sangat patut diapresiasi di pendidikan, khususnya saat pemerintahan Presiden Jokowi," imbuhnya.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya