Ribuan Warga Israel Protes Tuntut Pengembalian Sandera Oleh Pihak Hamas

Ribuan Warga Israel Protes Tuntut Pengembalian Sandera Oleh Pihak Hamas

Ribuan warga Israel melakukan protes menuntut pengembalian sandera Oleh Pihak Hamas-reuters.com-Ronen Zvulun

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID -  Ribuan warga Israel melakukan protes pada hari Sabtu, menuntut Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menerima perjanjian gencatan senjata dengan gerakan Islam Hamas yang akan membuat sisa sandera Israel dipulangkan dari Gaza.

Pada rapat umum di Tel Aviv yang berlangsung ketika para pejabat Hamas bertemu dengan mediator Mesir dan Qatar di Kairo, kerabat dan pendukung lebih dari 130 sandera yang masih disandera mengatakan segala kemungkinan harus dilakukan untuk membawa mereka pulang.

“Saya di sini hari ini untuk mendukung kesepakatan sekarang, kemarin,” kata Natalie Eldor. "Kita harus memulangkan mereka. Kita harus memulangkan semua sandera, baik yang masih hidup maupun yang sudah mati. Kita harus memulangkan mereka. Kita harus mengubah pemerintahan ini. Ini harus diakhiri."

BACA JUGA:MUI Respons Kabar Pernikahan Beda Agama Rizky Febian Dan Mahalini, FIX Haram?


Ribuan warga Israel melakukan protes menuntut pengembalian sandera Oleh Pihak Hamas-reuters.com-Ronen Zvulun

Protes tersebut, menjelang Hari Peringatan Holocaust Yom HaShoah, yang jatuh pada tanggal 6 Mei tahun ini, terjadi ketika perang di Gaza mendekati akhir bulan ketujuh di tengah meningkatnya tekanan internasional untuk menghentikan pertempuran.

“Satu-satunya hal yang membuat kami terus bertahan adalah harapan bahwa Bar masih hidup dan selamat,” kata Ora Rubinstein, bibi Bar Kupershtein, yang ditangkap bersama lebih dari 250 orang lainnya ketika orang-orang bersenjata pimpinan Hamas mengamuk di komunitas Israel di dekat Gaza pada hari Sabtu. 7 Oktober.

Banyak dari mereka yang disandera diyakini telah tewas namun keluarga ingin agar semua yang disandera tersebut dibawa kembali.

"Semua orang harus dikembalikan. Kami tidak akan meninggalkan mereka karena orang-orang Yahudi ditinggalkan selama Holocaust," kata Hanna Cohen, bibi dari Inbar Haiman, 27 tahun, yang awalnya diyakini telah disandera pada 7 Oktober namun kemudian ditemukan telah terbunuh. Jenazahnya diyakini masih ditahan oleh Hamas di Gaza.

BACA JUGA:Behind the Scenes: Persiapan Pernikahan Mahalini dan Rizky Febian Hari Ini

Sekitar 1.200 warga Israel dan orang asing terbunuh pada 7 Oktober, hari paling mematikan dalam sejarah Israel, menurut penghitungan Israel.

Sebagai tanggapan, Israel melancarkan serangan dahsyat di Jalur Gaza, menghancurkan sebagian besar wilayah kantong tersebut dan menewaskan lebih dari 34.000 orang, menurut otoritas kesehatan Palestina.

Pemerintahan Netanyahu bersikeras bahwa mereka tidak akan menghentikan perang sampai Hamas dihancurkan dan semua sandera dikembalikan, namun upaya intensif sedang dilakukan untuk menghentikan pertempuran yang mungkin mengarah pada gencatan senjata penuh.

Namun Netanyahu menghadapi tekanan dari partai-partai keagamaan nasionalis dalam koalisinya untuk menolak kesepakatan dengan Hamas dan melanjutkan serangan yang telah lama dijanjikan terhadap kota Rafah di Gaza selatan.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya