Perwakilan Hamas Tiba di Kairo, Lancarkan 'Negosiasi' Gencatan Senjata di Jalur Gaza

Perwakilan Hamas Tiba di Kairo, Lancarkan 'Negosiasi' Gencatan Senjata di Jalur Gaza

Perwakilan Hamas tiba di Kairo untuk melakukan pembicaraan gencatan senjata di Gaza-https://www.reuters.com-Julia Nikhinson

Kairo membuat dorongan baru untuk menghidupkan kembali perundingan akhir bulan lalu, karena khawatir dengan kemungkinan serangan Israel terhadap Hamas di kota Rafah, Gaza selatan, di mana lebih dari 1 juta warga Palestina berlindung di dekat perbatasan dengan Mesir.

Operasi Israel seperti itu dapat menggagalkan operasi kemanusiaan yang rapuh di Gaza dan membahayakan lebih banyak nyawa, menurut para pejabat PBB.

Israel mengatakan pihaknya tidak akan tergoyahkan untuk mengambil alih Rafah pada akhirnya, dan sedang menyusun rencana untuk mengevakuasi warga sipil.

Pembicaraan di Kairo pada hari Sabtu terjadi ketika Qatar meninjau kembali perannya sebagai mediator, menurut seorang pejabat yang mengetahui pemikiran Doha.

Qatar mungkin tidak lagi menjadi tuan rumah kantor politik Hamas, kata pejabat tersebut, yang tidak mengetahui apakah, dalam skenario seperti itu, delegasi kelompok Palestina mungkin juga akan diminta untuk pergi.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya