3 Cara Atasi Kecanduan Gadget pada Anak Ala dr. Dimple Nagrani: Lakukan Selama 3 Minggu!

3 Cara Atasi Kecanduan Gadget pada Anak Ala dr. Dimple Nagrani: Lakukan Selama 3 Minggu!

3 Cara Atasi Kecanduan Gadget pada Anak Ala dr. Dimple Nagrani: Lakukan Selama 3 Minggu!-freepik-freepik

2. Siapkan Aktivitas Pengganti untuk Anak

Jangan berharap anak kita hanya duduk berdiam diri, kita sebagai orang tua memiliki kewajiban untuk mempersiapkan aktivitas pengganti untuk anak. Nah, ketika melakukan aktivitas dan berinteraksi dengan anak, kita wajib biasakan agar anak menatap wajah kita dan fokus matanya tetap terjaga.

BACA JUGA:7 Ide Aktivitas Kreatif yang Bisa Dilakukan Anak di Rumah, Jadi Lebih Asyik!

Hal ini bertujuan untuk melatih fokus mata karena sebelumnya, matanya terganggu karena kecanduan gadget. Dengan memberikan alternatif kegiatan yang menarik, anak akan merasa lebih termotivasi untuk menjauhkan diri dari gadget dan lebih menikmati kegiatan lain yang bermanfaat. 

3. Konsisten Tidak Memberikan Gadget

Ketika Anak menangis dan meminta gadget, kita sebagai orang tua wajib konsisten. Caranya adalah dengan tenang, lalu kita tatap matanya dan meminta maaf bahwa kita tidak bisa memberikan gadget saat itu.

Setelah meminta maaf, kita boleh mengalihkan ke aktivitas lain. Salah satu aktivitas yang disarankan adalah olahraga, supaya anak tidak tantrum, bisa dengan bersepeda dan berlari-lari hingga melompat-lompat.

Jika kita mengalihkan anak untuk berolahraga, menurut dr. Dimple Nagrani, Sp.A maka anak akan jauh lebih tenang. Bahkan, hubungan kita sebagai orang tua dan anak akan lebih baik dan jauh lebih hangat.

BACA JUGA:Rahasia Sukses Mendidik Anak: 6 Tips Ampuh Ini Bisa Membuat Anak Jadi Lebih Penurut

Dengan menerapkan 3 cara di atas, diharapkan orangtua dapat mengatasi anak yang kecanduan gadget dengan lebih efektif. Penting untuk selalu memberikan dukungan dan pengawasan yang baik kepada anak agar mereka dapat terbiasa untuk tidak terlalu bergantung pada gadget.

Ingatlah bahwa kecanduan gadget pada anak bukanlah hal yang sepele, oleh karena itu, perlu adanya perhatian dan tindakan yang tepat untuk mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para orangtua dalam menghadapi anak yang kecanduan gadget.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya