3 Cara Atasi Kecanduan Gadget pada Anak Ala dr. Dimple Nagrani: Lakukan Selama 3 Minggu!

3 Cara Atasi Kecanduan Gadget pada Anak Ala dr. Dimple Nagrani: Lakukan Selama 3 Minggu!

3 Cara Atasi Kecanduan Gadget pada Anak Ala dr. Dimple Nagrani: Lakukan Selama 3 Minggu!-freepik-freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Anak-Anak zaman sekarang memang sangat akrab dengan gadget, mulai dari smartphone hingga tablet, semua menjadi barang yang selalu mereka genggam setiap hari.

Namun, kecanduan gadget pada anak bisa menjadi masalah serius jika tidak ditangani dengan baik dan cepat.

Dilansir dari Kanal Youtube HappyKids Parenting, dr. Dimple Nagrani, Sp.A bagikan 3 cara mengatasi anak kecanduan gadget.

BACA JUGA:5 Tips Ampuh Mengatasi Lelah saat Menghadapi Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Untuk menghentikan kebiasaan buruk anak, kunci pertama adalah kita wajib konsisten. Kalau kita tidak konsisten, hal inilah yang membuat anak tantrum

Jangan sampai kita memberikan dia tontonan ketika kita sedang sibuk dan mengambil gadget tersebut ketika kita sedang tidak sibuk. Jika kita tidak konsisten, maka anak kita juga akan bingung dan kebiasaan kecanduan gadget ini akan lama berhentinya.

Menurut dr. Dimple Nagrani, Sp.A, kita hanya perlu melakukan cara ini selama 3 minggu untuk menghentikan kecanduan gadget pada anak. Dengan demikian, sebagai orang tua atau orang dewasa, kita harus konsisten agar menghilangkan kecandungan gadget pada anak menjadi lebih mudah.

Nah, tak berlu lama-lama, berikut adalah 3 cara yang bisa dilakukan agar menghentikan kecanduan gadget pada anak.

BACA JUGA:9 Makanan yang Bisa Membuat Otak Anak Menjadi Cerdas

1. Singkirkan Semua Gadget di Rumah


3 Cara Atasi Kecanduan Gadget pada Anak Ala dr. Dimple Nagrani: Lakukan Selama 3 Minggu!-stockking-freepik

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan contoh yang baik kepada anak. Singkirkan semua gadget yang ada di rumah, mulai dari orang tua hingga kakek nenek tak boleh memegang hp di dekat si kecil.

Karena setiap kali dia melihat gadget tersebut, maka dia akan meminta gadget itu kembali. Sebagai orang tua, kita bisa meletakkan gadget di dalam kamar dan dikunci di dalam laci dan tidak boleh dipegang saat ada anak.

Alih-alih bermain gadget, kita bisa mengajak mereka berbicara, bermain, atau melakukan kegiatan lain yang bisa mempererat hubungan antara Anda dan anak. Dengan memberikan contoh yang baik, anak akan belajar bahwa gadget bukanlah segalanya dan ada hal-hal lain yang lebih penting dalam kehidupan.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya