Jarang yang Tahu, Inilah 8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Jarang yang Tahu, Inilah 8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh Manusia

8 Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh-@halodoc-Instagram

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Selain menjadi alternatif yang baik untuk susu sapi, susu kedelai juga memiliki manfaat signifikan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, manfaat ini berasal dari kandungan protein, vitamin dan mineral dalam susu kedelai yang mendukung kinerja sel darah putih dan membantu produksi antibodi.

Dengan asupan nutrisi yang tepat dari susu kedelai, tubuh bisa lebih efektif melawan berbagai infeksi dan penyakit.

Susu kedelai juga dikenal sebagai sumber antioksidan yang sangat baik, antioksidan dalam susu kedelai berperan penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas serta melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

BACA JUGA:Valadimir Putin Siap Dorong Pertumbuhan Perdagangan Moskow-Beijing di Timur Laut Tiongkok

4. Membantu Mengurangi Gejala Menopause

Seiring bertambahnya usia, produksi hormon estrogen pada wanita mengalami penurunan, hal ini menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan munculnya gejala menopause, seperti kelelahan, vagina kering serta sensasi panas dan berkeringat di malam hari.

Untuk membantu mengurangi gejala menopause, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rutin mengonsumsi susu kedelai.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan isoflavon dalam susu kedelai memiliki sifat fitoestrogen, yang bisa membantu menjaga keseimbangan kadar hormon estrogen dalam tubuh.

BACA JUGA:Ban Mobil Habis Sebelah? Ini Solusinya

5. Membantu Menjaga Kadar Gula Darah

Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa makanan yang berasal dari biji-bijian memiliki potensi untuk membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes.

Bagi orang dengan diabetes tipe 2, konsumsi susu kedelai telah terbukti memberikan manfaat positif terhadap tekanan darah dan kadar gula darahnya.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa susu kedelai memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan dan menjadikan susu kedelai sebagai komponen penting dalam program diet bagi pasien diabetes tipe 2.

BACA JUGA:Suka Makan Pedas Tapi Takut Sakit Perut? Tenang, Ingat Aja Manfaatnya Nih

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya