Gempa Menggetarkan Wilayah Sumedang dengan Kuat

Gempa Menggetarkan Wilayah Sumedang dengan Kuat

Gempa Menggetarkan Wilayah Sumedang dengan Kuat---Istimewa

Kondisi ini memberikan sedikit kelegaan bagi penduduk yang sebelumnya sempat panik, akan tetapi warga tetap disarankan untuk waspada dan mengikuti perkembangan informasi dari pihak berwenang.

Pusat gempa yang berada pada koordinat 6,82 derajat Lintang Selatan dan 107,94 derajat Bujur Timur, tepatnya di daratan sekitar 5 kilometer arah timur laut dari pusat Kabupaten Sumedang.

Gempa ini tergolong dangkal dengan kedalaman hanya sekitar 4 kilometer di bawah permukaan tanah.

Kedalaman yang dangkal ini menyebabkan getaran terasa lebih kuat di permukaan meskipun magnitudonya tidak terlalu besar, letak episenter yang relatif dekat dengan permukiman penduduk menimbulkan kekhawatiran akan potensi dampaknya terhadap bangunan dan infrastruktur di sekitarnya.

BACA JUGA:Jarang yang Tahu, Inilah 8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Gempa akibat aktivitas sesar lokal daerah setempat, tutur Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hartanto, pada hari Sabtu 18 Mei 2024.

Kali ini, pusat gempa tercatat berada di sekitar lokasi serangkaian gempa di daratan Sumedang yang sebelumnya telah menyebabkan kerusakan ratusan rumah warga pada akhir 2022 hingga awal 2023, dalam rangkaian gempa tersebut yang paling signifikan terjadi dengan kekuatan magnitudo 4,5 pada Senin malam 1 Januari 2023 sekitar pukul 20.46 WIB.

Gempa tersebut menimbulkan kepanikan di kalangan penduduk setempat dan menyebabkan kerusakan yang cukup parah pada bangunan dan infrastruktur, kejadian ini mengingatkan kembali betapa rentannya wilayah tersebut terhadap aktivitas seismik yang dapat terjadi kapan saja.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya