Ini Mitos dan Fakta Diabetes yang Benar, Awas Masih Banyak yang Salah Paham Nih!

Ini Mitos dan Fakta Diabetes yang Benar, Awas Masih Banyak yang Salah Paham Nih!

Sering Disalahpahami, Ini Mitos dan Fakta Diabetes Yang Sebenarnya-@halodoc-Instagram

2. Dilarang Mengonsumsi Gula

Meskipun diabetes disebabkan oleh tingginya kadar gula darah, ini tidak berarti bahwa penderita diabetes harus sepenuhnya menghindari gula ya, penderita diabetes masih bisa mengonsumsi gula, tapi dalam jumlah yang sangat terbatas, tidak terlalu sering dan harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori tubuh.

Penting bagi penderita diabetes untuk memperhatikan jumlah gula yang dikonsumsi, idealnya, asupan gula harian mereka harus kurang dari 50 gram atau sekitar 4 sendok makan.

Selain itu, memahami bahwa gula bisa hadir dalam berbagai bentuk dan sumber juga penting, waspadalah terhadap gula tersembunyi dalam makanan olahan dan minuman manis.

BACA JUGA:Profil Dian Andriani, Seorang Perempuan Pertama Pangkat Mayjen di TNI AD

3. Diabetes Hanya Disebabkan Oleh Konsumsi Gula Yang Berlebih

Diabetes tipe 2 muncul akibat kombinasi berbagai faktor genetik dan gaya hidup, mencakup obesitas, minimnya aktivitas fisik, serta pola makan yang tidak sehat.

Gaya hidup yang tidak aktif dan berat badan yang berlebih memainkan peran signifikan dalam perkembangan diabetes tipe 2.

Ketika seseorang tidak cukup bergerak dan mengonsumsi makanan tinggi kalori namun rendah nutrisi, risiko mengembangkan diabetes akan meningkat bahkan bisa menyebabkan resistensi insulin yaitu kondisi di mana tubuh tidak menggunakan insulin secara efektif.

BACA JUGA:Simak! Cara Remondasi Charger Mobil Fast Charging Pilihan dan Terbaik

4. Hanya Menyerang Para Orang Tua

Walaupun diabetes tipe 2 lebih cenderung muncul seiring bertambahnya usia seseorang, penyakit ini juga bisa terjadi pada segala rentang usia, bahkan pada anak-anak dan remaja, hal ini terjadi pada individu yang memiliki faktor risiko tertentu, seperti obesitas atau riwayat keluarga dengan diabetes.

Faktor risiko seperti obesitas dan riwayat keluarga dengan diabetes memiliki peran penting dalam meningkatkan kemungkinan seseorang terkena diabetes tipe 2, bahkan pada usia yang relatif muda.

Anak-anak dan remaja yang terpapar dengan faktor-faktor risiko ini memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki faktor risiko tersebut.

BACA JUGA:8 Cara Membuat Badan Sehat Selama Perjalanan Ibadah Haji

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya