Ini Mitos dan Fakta Diabetes yang Benar, Awas Masih Banyak yang Salah Paham Nih!

Ini Mitos dan Fakta Diabetes yang Benar, Awas Masih Banyak yang Salah Paham Nih!

Sering Disalahpahami, Ini Mitos dan Fakta Diabetes Yang Sebenarnya-@halodoc-Instagram

2. Riwayat Keturunan Berperan Besar Dalam Risiko Terkena Diabetes

Sejarah keluarga yang memiliki riwayat diabetes meningkatkan kemungkinan seseorang untuk mengalami diabetes tipe 1 atau tipe 2.

Ketika ada riwayat diabetes dalam keluarga, ia memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan kondisi tersebut, baik itu diabetes tipe 1 yang dipicu oleh gangguan sistem kekebalan tubuh atau diabetes tipe 2 yang umumnya terkait dengan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Genetik bisa mempengaruhi cara tubuh mengatur kadar gula darah dan bagaimana tubuh merespons insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengontrol gula darah, oleh karena itu, ketika seseorang memiliki riwayat keluarga diabetes, hal ini mengindikasikan bahwa ada faktor genetik yang mungkin memengaruhi fungsi insulin atau kerentanan pada kerusakan sel-sel pankreas yang menghasilkan insulin.

BACA JUGA:Begini Cara yang Benar Konsumsi Air Zam-zam dan Doanya, Jangan Sampai Hilang Pahalnya

3. Diet Sehat Jadi Bagian Penting Dalam Mengontrol Diabetes

Mengadopsi pola makan yang seimbang dengan mengutamakan serat, sayuran, protein tanpa lemak dan karbohidrat kompleks bisa membantu mengatur kadar gula darah dan mendukung pengelolaan diabetes secara efektif, memasukkan berbagai jenis makanan sehat dalam diet harian bisa membantu menjaga stabilitas gula darah dan mencegah lonjakan yang berbahaya.

Serat dan sayuran memainkan peran penting dalam mengontrol diabetes karena bisa membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, sehingga mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

Selain itu, protein tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan, atau tahu, membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh tanpa menambah lemak jenuh yang bisa memperburuk kondisi diabetes,lalu karbohidrat sehat, seperti biji-bijian utuh, beras merah, atau quinoa, memberikan energi yang diperlukan tubuh tanpa menyebabkan lonjakan gula darah.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya