Intip Plus Minus Implementasi Starlink di Indonesia

Intip Plus Minus Implementasi Starlink di Indonesia

Plus Minus Implementasi Starlink Di Indonesia-@infoharian-X

Gateway berfungsi untuk menghubungkan jaringan dengan protokol yang berbeda. 

Karena internet adalah jaringan dari berbagai sistem informasi, internet gateway diperlukan untuk mengarahkan lalu lintas data dari jaringan penyedia layanan internet (ISP) ke jaringan internet global. 

Setiap kali pengguna mengakses email, situs web, atau aplikasi, data dikirim melalui perangkat pengguna ke jaringan ISP, kemudian diteruskan ke jaringan internet global melalui gateway. 

Jika diakses melalui internet gateway di Indonesia, alamat IP pengguna akan menunjukkan lokasi di Indonesia. 

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Libra Kamis, 23 Mei 2024: Kemampuan Alamimu Akan Sangat Berguna Hari Ini!

Semua lalu lintas di jaringan ISP dipantau melalui NOC.

Untuk Starlink, data dikirim melalui satelit ke internet gateway menggunakan perangkat terminal bumi mini yang harganya lebih dari Rp 7 juta.

Saat ini, Starlink bekerja sama dengan Telkomsat untuk memanfaatkan internet gateway milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. 

Meskipun Starlink menggunakan satelit di luar angkasa, jaringan internet yang disediakan tetap menunjukkan lokasi di Indonesia. 

BACA JUGA:Harga Emas Antam dan UBS Naik: Cek Rinciannya di Pegadaian Hari Ini Kamis, 23 Mei 2024

Namun, Starlink memiliki ketergantungan yang rendah pada gateway internet di lokasi operasinya karena ribuan satelit Starlink dapat saling mengirim data, Fitur ini memungkinkan trafik internet dari Indonesia disalurkan melalui satelit lainnya tanpa terpantau di dalam negeri.

Alfons mengklaim bahwa bahkan admin WhatsApp tidak dapat mengetahui data pengguna karena terenkripsi Namun, ada jenis data lain seperti metadata dan data tambahan yang dapat mereka lihat. 

Contohnya adalah kebiasaan pengguna, kapan mereka aktif, dengan siapa mereka sering berkomunikasi, atau grup apa saja yang mereka ikuti. 

"Bahkan Google dan Apple, misalnya, yang tentunya tahu persis pergerakan Anda karena Anda menggunakan layanan GPS pada ponsel mereka," ujarnya.

BACA JUGA:Seberapa Pentingnya Uji Emisi Pada Sebuah Kendaraan?

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya