Israel Melanjutkan Serangan di Gaza Setelah Keputusan Pengadilan Dunia

Israel Melanjutkan Serangan di Gaza Setelah Keputusan Pengadilan Dunia

Israel Melanjutkan Serangan Di Gaza Setelah Keputusan Pengadilan Dunia-macrovector -freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID -  Pasukan Israel menewaskan lebih dari 30 orang dalam serangan baru di Jalur Gaza, kata petugas medis Palestina pada Sabtu, sehari setelah hakim di pengadilan tinggi PBB memerintahkan Israel menghentikan serangannya di kota Gaza selatan. dari Rafah.

Meskipun Israel terus melanjutkan serangannya terhadap kelompok militan Palestina Hamas, perundingan yang dimediasi antara kedua belah pihak akan dimulai kembali minggu depan, kata seorang pejabat yang mengetahui masalah tersebut.

Keputusan mengenai perundingan ini diambil setelah kepala badan intelijen Israel, Mossad, bertemu dengan kepala CIA dan perdana menteri Qatar, kata sumber tersebut, yang menolak disebutkan namanya atau kewarganegaraannya mengingat sensitifnya masalah tersebut.

BACA JUGA:BMKG Sebut Ada Potensi 'Kemarau Basah' Jika Anomali La Nina Benar Terjadi?

“Di akhir pertemuan, diputuskan bahwa dalam minggu mendatang perundingan akan dibuka berdasarkan proposal baru yang dipimpin oleh mediator, Mesir dan Qatar dan dengan keterlibatan aktif AS,” kata sumber tersebut.

Hamas tidak segera mengomentari status pembicaraan tersebut.

Setelah lebih dari tujuh bulan perang di Gaza , para mediator telah berjuang untuk mendapatkan terobosan, dengan Israel mengupayakan pembebasan sandera yang disandera oleh Hamas dan Hamas mengupayakan pembebasan tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel dan mengakhiri perang.

Pertempuran terus berlanjut di Gaza meskipun ada mediasi dan meskipun hakim di pengadilan tinggi PBB memerintahkan Israel pada hari Jumat untuk segera menghentikan serangan militernya terhadap Rafah, yang dikatakan Israel sedang berusaha untuk membasmi pejuang Hamas.

Mahkamah Internasional, atau Pengadilan Dunia, tidak mempunyai kemampuan untuk menegakkan keputusan daruratnya dalam kasus yang diajukan oleh Afrika Selatan yang menuduh Israel melakukan genosida.

BACA JUGA:Vincent Kompany Setuju Latih Bayern Munich Musim Depan, Ini Detail Kontraknya

Namun kasus ini merupakan tanda nyata isolasi global Israel atas kampanyenya di Gaza, terutama sejak Israel memulai serangan terhadap Rafah bulan ini yang bertentangan dengan permintaan sekutu terdekatnya, Amerika Serikat.

Lebih dari 35.000 warga Palestina tewas dalam serangan Israel di Gaza, kata Kementerian Kesehatan Gaza. Israel memulai serangan setelah militan pimpinan Hamas menyerang komunitas Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera lebih dari 250 orang, menurut penghitungan Israel.

BERJUANG DI GAZA

Militer Israel mengatakan pihaknya telah melakukan "aktivitas operasional di wilayah tertentu di Rafah" pada hari Jumat, termasuk membunuh militan, membongkar sebagian sistem terowongan Hamas, dan menemukan lokasi simpanan senjata.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya