Tak Hanya Jadi Bahan Masakan, Ini 7 Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan

Tak Hanya Jadi Bahan Masakan, Ini 7 Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan

7 Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan-racool_studio-Freepik

Senyawa piperin dalam lada hitam dapat meningkatkan produksi asam lambung, meningkatkan pergerakan usus, dan membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti gas dan kembung.

4. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Studi telah menunjukkan bahwa piperin dalam lada hitam dapat meningkatkan penyerapan beberapa nutrisi dalam makanan, seperti beta-karoten, selenium, dan vitamin B kompleks. 

Hal ini dapat membantu tubuh memanfaatkan nutrisi dengan lebih efisien.

BACA JUGA:RESMI! Korlantas Polri Hadirkan SIM C1, Ini Kebijakannya

5. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Karena efek antioksidan dan antiinflamasi lada hitam, konsumsinya secara teratur telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lada hitam dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida dalam darah.

BACA JUGA:RESMI! Korlantas Polri Hadirkan SIM C1, Ini Kebijakannya

7. Mengurangi Nyeri Sendi

Beberapa orang melaporkan bahwa konsumsi lada hitam dapat membantu mengurangi nyeri sendi, meskipun bukti ilmiah yang kuat masih diperlukan untuk mendukung klaim ini.

Namun, penting untuk diingat bahwa konsumsi lada hitam harus seimbang dan tidak berlebihan, terutama bagi orang yang memiliki masalah pencernaan atau kondisi kesehatan tertentu. 

Selain itu, konsultasikan dengan profesional kesehatan Anda sebelum mengubah pola makan atau menambahkan suplemen baru ke dalam diet Anda.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya