Tan Israel Tetap Maju Ke Pusat Rafah, Padahal Sudah Diprotes Global

Tan Israel Tetap Maju Ke Pusat Rafah, Padahal Sudah Diprotes Global

Tank-tank Israel Maju Ke Pusat Rafah Meskipun Sudah ada Protes Global-wirestock-freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Tank-tank Israel maju ke pusat Rafah untuk pertama kalinya pada Selasa, kata para saksi mata, tiga minggu setelah serangan darat di kota Gaza selatan yang telah memicu kecaman global atas terus banyaknya korban sipil.

Tank dan kendaraan lapis baja yang dilengkapi senapan mesin terlihat di dekat masjid Al-Awda, sebuah landmark di pusat Rafah, kata para saksi mata kepada Reuters. Militer Israel mengatakan pasukannya terus beroperasi di wilayah Rafah, tanpa mengomentari laporan kemajuan di pusat kota.

Semalam, pasukannya menggempur kota tersebut dengan serangan udara dan tembakan tank, kata warga, tetap melancarkan serangan meskipun ada protes internasional atas serangan pada hari Minggu yang memicu kebakaran besar di sebuah tenda kamp, menewaskan sedikitnya 45 warga Palestina, lebih dari setengahnya adalah anak-anak. , wanita dan orang tua.

BACA JUGA:Tengku Dewi Ucap Syukur Andrew Andika Masih Ingat Dirinya: Jangan Diulangi Lagi!

Para pemimpin global menyuarakan kengerian atas kebakaran di “zona kemanusiaan” yang ditetapkan sebagai tempat keluarga-keluarga yang terpaksa mengungsi akibat pertempuran di tempat lain di Gaza mencari perlindungan, dan mendesak penerapan perintah Pengadilan Dunia untuk menghentikan serangan Israel.

Dalam langkah lain yang konon bertujuan untuk mengekang kekerasan, Spanyol, Irlandia dan Norwegia secara resmi mengakui negara Palestina pada hari Selasa.

Ketiga negara tersebut mengatakan mereka berharap keputusan mereka akan mempercepat upaya untuk mencapai gencatan senjata dalam perang Israel melawan militan Hamas , yang kini memasuki bulan kedelapan, yang telah membuat sebagian besar wilayah padat penduduk menjadi puing-puing.

Warga mengatakan lingkungan Tel Al-Sultan di Rafah, tempat terjadinya serangan pada Minggu malam di mana tenda dan tempat berlindung dibakar ketika banyak keluarga sedang tidur, masih dibombardir.

BACA JUGA:Tengku Dewi Mantap Berpisah dengan Andrew Andika, Ada Pesan Menyentuh untuk Sang Suami

“Tembakan tank berjatuhan di mana-mana di Tel Al-Sultan. Banyak keluarga meninggalkan rumah mereka di Rafah barat karena tembakan sepanjang malam,” kata seorang warga kepada Reuters melalui aplikasi obrolan.

Sekitar satu juta orang – banyak yang berulang kali menjadi pengungsi akibat gelombang perang – telah melarikan diri dari serangan Israel di Rafah sejak awal Mei, menurut laporan Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) pada hari Selasa.

Sebuah video yang diperoleh Reuters menunjukkan keluarga-keluarga kembali bergerak, membawa barang-barang mereka melewati jalan-jalan Rafah yang hancur, anak-anak mereka yang kelelahan mengikuti di belakang mereka.

"Ada banyak serangan, asap dan debu. Itu adalah kematian dari Tuhan... (Israel) menyerang di mana-mana. Kami lelah," kata Moayad Fusaifas sambil mendorong barang-barangnya dengan dua sepeda.

BACA JUGA:5 Tanda Jika Seseorang yang Kamu Sukai Juga Menyukaimu, Cek Sekarang!

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya