Parah! 30 Lebih Negara Kutuk Serangan Israel ke Rumah Sakit di Gaza

Parah! 30 Lebih Negara Kutuk Serangan Israel ke Rumah Sakit di Gaza

Tindakan Israel Di Kutuk Oleh 30 Lebih Negara, Atas Serangan Terhadap Rumah Sakit Di Gaza -freepik-freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID -  Lebih dari 30 negara mengutuk serangan Israel terhadap rumah sakit di Gaza dan menuntut pengawasan lebih lanjut atas perannya dalam krisis kesehatan di wilayah kantong tersebut pada pertemuan Organisasi Kesehatan Dunia pada hari Rabu, dan beberapa negara menyalahkan Israel atas meningkatnya risiko kelaparan. .

WHO telah mencatat ratusan serangan terhadap fasilitas kesehatan di wilayah pendudukan Palestina, termasuk Gaza, sejak perang Israel-Hamas dimulai pada 7 Oktober, namun tidak menyalahkan siapa yang melakukan serangan tersebut.

Dalam fase terakhir konflik bulan ini, Israel melancarkan operasi militer terhadap Rafah di Gaza selatan, menghalangi perpindahan pasien, kecuali memutus pasokan medis dan mengancam rumah sakit terakhir yang masih berfungsi .

BACA JUGA:5 Kebiasaan Sehari-hari yang Akan Membuatmu Jago Public Speaking

Sekelompok negara mendukung usulan pada pertemuan tahunan WHO di Jenewa yang akan mengamanatkan badan kesehatan PBB untuk meningkatkan dokumentasi “bencana krisis kemanusiaan” di Gaza dan melaporkan “kelaparan” di tengah peringatan PBB mengenai kelaparan dan penyakit setelah hampir delapan tahun krisis kemanusiaan terjadi. konflik selama berbulan-bulan.

Mosi ini didukung oleh lebih dari 30 negara, sebagian besar dari Afrika dan kawasan Teluk, tetapi juga Rusia, Turki dan Tiongkok, namun lebih banyak lagi yang mendukungnya. Pemungutan suara dijadwalkan pada hari Rabu, namun perdebatan lebih lanjut menundanya hingga hari Kamis.

“Sistem layanan kesehatan di Gaza hancur. Israel menargetkan rumah sakit di Gaza, menghancurkan fasilitas perawatan sepenuhnya. Ini juga berarti perang melawan hak dasar atas kesehatan,” kata Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca.

Dia juga menuduh Israel menggunakan kelaparan sebagai senjata perang dan mengatakan tindakannya terhadap rumah sakit merupakan kejahatan perang.

BACA JUGA:Ramalan Shio Kamis, 30 Mei 2024: Nasib dan Pesan Penting untuk Shio Anda!


Tindakan Israel Di Kutuk Oleh 30 Lebih Negara, Atas Serangan Terhadap Rumah Sakit Di Gaza -freepik-freepik

Duta Besar Palestina Ibrahim Khraishi mendesak negara-negara untuk mendukung mosi tersebut.

“Kita tidak bisa membiarkan Israel menghancurkan segalanya, menghancurkan fasilitas layanan kesehatan dan membiarkan hal ini terjadi,” katanya di ruang pertemuan yang penuh sesak.

Duta Besar Israel Meirav Eilon Shahar menyalahkan Hamas karena "sengaja membahayakan keselamatan pasien" dengan menggunakan fasilitas kesehatan untuk tujuan militer. Mereka mengajukan amandemen untuk memasukkan referensi ke 250 sandera yang disandera selama serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, yang menewaskan 1.200 orang, dan mengutuk penggunaan rumah sakit oleh kelompok bersenjata. Amandemen itu disahkan pada Rabu malam.

Israel menyangkal tanggung jawab atas keterlambatan pengiriman bantuan ke Gaza dan mengatakan PBB dan pihak lain bertanggung jawab atas pendistribusian bantuan tersebut begitu mereka tiba di Gaza.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya