Israel Membuka Penjualan Makanan di Gaza Lagi Saat Serangan Rafah Menghambat Bantuan

Israel Membuka Penjualan Makanan di Gaza Lagi Saat Serangan Rafah Menghambat Bantuan

Israel Membuka Kembali Penjualan Makanan di Gaza Ketika Serangan Rafah Menghambat Bantuan-freepik-freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID -  Militer Israel telah mencabut larangan penjualan makanan ke Gaza dari Israel dan Tepi Barat yang diduduki karena serangan di medan perang menghambat bantuan internasional, menurut pejabat Palestina, pengusaha dan pekerja bantuan internasional .

Pihak militer memberi lampu hijau kepada para pedagang Gaza untuk melanjutkan pembelian mereka dari pemasok makanan Israel dan Palestina seperti buah segar, sayuran dan produk susu bulan ini, beberapa hari setelah pasukan Israel melancarkan serangan ke kota Rafah di wilayah paling selatan di wilayah kantong tersebut, kata sumber tersebut.

Serangan terhadap Rafah, pintu gerbang utama ke Gaza dari Mesir, secara efektif menghentikan aliran bantuan PBB ke wilayah Palestina yang hancur.

BACA JUGA:Inilah Bacaan Niat Puasa Idul Adha dan Jadwal Lengkapnya, Hafalin Deh

Israel berada di bawah tekanan global yang semakin besar untuk meringankan krisis ini ketika lembaga-lembaga kemanusiaan memperingatkan akan terjadinya kelaparan.

“Israel menelepon distributor Gaza yang telah membeli barang dari Tepi Barat dan Israel sebelum perang,” kata Ayed Abu Ramadan, ketua Kamar Dagang Gaza. "Mereka diberitahu bahwa mereka siap mengoordinasikan pengambilan barang."

Reuters, yang mewawancarai lebih dari selusin orang yang mengetahui perkembangan tersebut, adalah outlet berita pertama yang melaporkan rincian dan dampak dimulainya kembali pengiriman makanan komersial yang akan dijual di pasar dan toko Gaza.

Pergeseran ini menandai pertama kalinya barang apa pun yang diproduksi di Israel atau Tepi Barat, wilayah Palestina yang diduduki Israel, diizinkan masuk ke Gaza sejak perang meletus pada Oktober tahun lalu, menurut pejabat, pedagang, dan penduduk Palestina.

BACA JUGA:Besi Crane Jadi Penyebab MRT Jakarta Sementara Dihentikan Kegiatan Operasionalnya

Ketika ditanya oleh Reuters tentang dimulainya kembali pengiriman, COGAT, cabang militer Israel yang bertanggung jawab atas transfer bantuan, mengatakan pihaknya sedang mencari cara untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan dan meningkatkan jumlah makanan yang dijual di Gaza.

“Mengizinkan sektor swasta membawa makanan ke Jalur Gaza adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan jumlah makanan yang masuk,” tambah juru bicara Shimon Freedman.

Pekerja bantuan telah mendesak Israel selama berbulan-bulan untuk mengizinkan lebih banyak pengiriman komersial memasuki Gaza sehingga makanan segar dapat melengkapi bantuan internasional, yang sebagian besar berisi bahan-bahan yang tidak mudah rusak seperti tepung dan makanan kaleng.

Namun, pembukaan kembali bukanlah obat mujarab.

Alur pengiriman, yang dilakukan melalui perbatasan Kerem Shalom antara Gaza selatan dan Israel, tidak menentu, menurut pejabat Palestina yang mengatakan antara 20 dan 150 truk – masing-masing membawa hingga 20 ton makanan – masuk setiap hari tergantung pada kondisi di wilayah tersebut. berapa banyak Israel yang mengizinkan masuk.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya