Israel Membuka Penjualan Makanan di Gaza Lagi Saat Serangan Rafah Menghambat Bantuan

Israel Membuka Penjualan Makanan di Gaza Lagi Saat Serangan Rafah Menghambat Bantuan

Israel Membuka Kembali Penjualan Makanan di Gaza Ketika Serangan Rafah Menghambat Bantuan-freepik-freepik

BACA JUGA:Tiba-tiba Ada Perubahan Peraturan Baru MA Terkait Usia Pemimpin Daerah, Kok Bisa Ya?

Jumlah tersebut jauh di bawah jumlah 600 truk per hari yang disediakan oleh Badan Pembangunan Internasional AS, membuka tab barudikatakan diperlukan untuk mengatasi ancaman kelaparan, bahkan ketika menambahkan sekitar 4.200 truk bantuan makanan – sekitar 190 truk per hari – yang menurut para pejabat Israel, membuka tab barutelah memasuki Gaza sejak awal serangan Rafah pada 7 Mei.

Sebelum perang dimulai pada 7 Oktober, ketika kelompok Palestina Hamas menyerang Israel selatan, rata-rata 500 truk bantuan dan komersial memasuki Gaza setiap hari membawa semua barang yang dibutuhkan di wilayah tersebut mulai dari makanan dan pasokan medis hingga peralatan pertanian, menurut angka PBB. .

Jumlah rata-rata sejak saat itu adalah di bawah 140 truk per hari, menurut penghitungan statistik militer Israel oleh Reuters, bahkan ketika Israel telah menghancurkan daerah kantong tersebut dalam misinya untuk memberantas Hamas, sehingga mengirimkan bantuan yang sangat dibutuhkan.

Makanan yang masuk juga mahal, dan hanya sedikit pengganti bantuan internasional yang telah dibayar oleh negara-negara dan organisasi donor, kata empat pekerja bantuan yang terlibat dalam koordinasi pengiriman ke Gaza. Mereka meminta anonimitas untuk berbicara bebas tentang masalah-masalah sensitif.

BACA JUGA:Zelenskyy Ungkap Jika Vladimir Putin Akan Bersorak Saat Joe Biden Tak Hadir Konferensi Perdamaian


Israel Membuka Kembali Penjualan Makanan di Gaza Ketika Serangan Rafah Menghambat Bantuan-freepik-freepik

Tiga warga Gaza yang diwawancarai mengatakan bahwa mereka pernah melihat produk berlabel Ibrani di pasar, termasuk semangka dari pemukiman Israel, namun sering kali produk tersebut dijual dengan harga yang terlalu tinggi bagi keluarga yang kekurangan uang dan pengungsi.

“Saya membeli dua butir telur seharga 16 shekel ($5), hanya karena anak saya, berusia tiga tahun, menangis meminta telur,” kata Abed Abu Mustafa, ayah lima anak di Kota Gaza.

“Biasanya saya bisa membeli 30 butir telur dengan harga lebih murah.”

DIPERIKSA OLEH MILITER ISRAEL

Israel melancarkan serangannya ke Rafah pada tanggal 7 Mei, mengabaikan peringatan dari sekutu terdekatnya, Amerika Serikat, bahwa serangan tersebut akan menyebabkan lebih banyak korban sipil dan dari lembaga bantuan yang mengatakan serangan tersebut dapat mengganggu upaya pengiriman makanan ke warga Gaza.

BACA JUGA:Informasi Terbaru Cuaca Jabodetabek Hari Ini, Jumat 31 Mei: Begini Prediksi BMKG!

Seminggu kemudian, kata Abu Ramadan dari Kamar Dagang, militer Israel mulai menghubungi para pedagang di Gaza dan mengatakan bahwa mereka dapat melanjutkan pengiriman makanan dari Israel dan Tepi Barat.

Berdasarkan perjanjian tersebut, semua pemasok dan barang harus diperiksa oleh militer Israel, menurut Wassim Al-Jaabari, kepala serikat industri dan pangan Tepi Barat.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya