Pesan Penting Jokowi dalam Pidato Upacara Peringatan Hari lahir Pancasila

Pesan Penting Jokowi dalam Pidato Upacara Peringatan Hari lahir Pancasila

Pesan Penting Jokowi dalam Pidato Upacara Peringatan Hari lahir Pancasila-tangkap layar (KOMPASTV)-Youtube

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato dalam upacara peringatan hari lahir Pancasila di Lapangan Garuda Pertamina, HuluRokan,Dumai, Riau pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Dalam kesempatan itu, Jokowi memberikan beberapa pesan penting dan membahas terkait isu-isu global yang perlu diperhatikan.

Dalam pidatonya itu, Jokowi berharap agar Indonesia terus memperkokoh kemandirian bangsa dalam hal ekonomi dan mengajak seluruh masyarakat untuk terus memegang teguh nilai-nilai pancasila.

BACA JUGA:Hotman Paris Minta Bantuan Jokowi Tuntaskan Kasus Pembunuhan Vina Cirebon: Sudah Darurat Hukum!

Dalam pidatonya, Jokowi menekankan pentingnya memperkokoh kemandirian bangsa Indonesia dalam bidang ekonomi. 

"Karena kita punya Pancasila yang memandu arah bangsa, punya modal sosial dan modal budaya yang kokoh, karena kita punya sumber daya manusia dan kita punya sumber daya alam yang melimpah. Kita harus terus perkokoh kemandirian bangsa dan berdikari dalam ekonomi," ungkap Jokowi di Lapangan Garuda Pertamina, HuluRokan,Dumai, Riau pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Presiden juga menegaskan pentingnya Indonesia untuk terus memperkuat kemandirian ekonomi melalui industrialisasi dalam negeri dan pengembangan sektor hilirisasi.

"Indonesia harus terus perkokoh kemandirian bangsa dan berdikari dalam ekonomi. Termasuk melalui industrialisasi di dalam negeri dan melalui hilirisasi di berbagai sektor," tutur Jokowi.


Pesan Penting Jokowi dalam Pidato Upacara Peringatan Hari lahir Pancasila-@jokowi-Instagram

BACA JUGA:Disambut Luhut, Elon Musk Kunjungi Bali untuk Resmikan Starlink Bersama Jokowi

Jokowi menegaskan bahwa pemerintah harus menjamin seluruhan kekayaan negara semata-mata untuk mensejahterakan rakyat.

"Kita harus menjamin kekayaan negara sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat. Kita juga harus aktif mengambil alih kembali aset-aset strategis bangsa. Kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat, kesejahteraan masyarakat," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyoroti pentingnya Indonesia turut serta dalam gerakan dunia menuju ekonomi hijau.

"Kita juga ikut terus berupaya dalam gerakan dunia menuju ekonomi hijau. Pilihan ini tentu bukan karena kita ingin ikut-ikutan, tapi karena kita memiliki, kita mempunyai kekuatan besar, karena kita mempunyai daya saing tinggi dalam ekonomi hijau," ucap Jokowi.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya