Ternyata Duduk Bersila di Lantai Punya Khasiat Baik untuk Kesehatan, Begini Faktanya Kata Ahli

Ternyata Duduk Bersila di Lantai Punya Khasiat Baik untuk Kesehatan, Begini Faktanya Kata Ahli

Ternyata Duduk Bersila di Lantai Punya Khasiat Baik untuk Kesehatan, Begini Faktanya Kata Ahli-diana.grytsku-Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Bagi sebagian orang, aktivitas duduk bersila di lantai mungkin dianggap baik untuk kesehatan dan penting dilakukan secara teratur. Namun, pendapat para ahli masih beragam terkait hal ini.

Mayoritas orang dewasa mungkin jarang melakukan duduk bersila di lantai, namun anak-anak yang sering bermain di lantai mungkin tertarik pada aktivitas ini.

Seorang ahli terapi fisik, dr. Christopher Bise dari Universitas Pittsburgh, menjelaskan bahwa duduk bersila dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kita, terutama dalam hal rentang gerak pinggul, punggung bawah, dan lutut.

Ini juga membantu menjaga fleksibilitas tubuh bagian bawah kita. Jennifer O'Connell, seorang fisioterapis di Rumah Sakit Bedah Khusus di New York, juga menekankan bahwa duduk bersila dapat membantu mengurangi ketegangan pada urat lutut.

BACA JUGA:Inilah 4 Manfaat Daun Kari untuk Kesehatan Tubuh, Mau Coba?

Meskipun duduk bersila di lantai memiliki manfaatnya sendiri, jika Anda tidak bisa turun ke lantai, masih ada cara lain untuk melatih mobilitas dan fleksibilitas tubuh Anda.

Posisi duduk bersila juga bisa dilakukan di sofa atau dengan posisi duduk lain yang dapat meningkatkan jangkauan gerak Anda.

Menjaga rentang gerak yang baik sangat penting, terutama saat kita menua. Dengan memiliki mobilitas yang baik, kita akan lebih mudah beraktivitas sehari-hari, melakukan tugas-tugas rumah, serta bermain dengan anak-anak dan cucu-cucu kita.

Dr. Bise menegaskan bahwa meskipun tubuh cenderung menjadi kaku seiring bertambahnya usia, kita tetap harus memperhatikan fleksibilitas tubuh agar tetap gesit dan aktif.

BACA JUGA:ALVA Kerjasama dengan Otoklix, Perkuat Layanan Purna Jual di Wilayah Jabodetabek

Dalam proses perawatan di bidang terapi fisik, satu hal yang penting adalah menilai mobilitas sendi dan fleksibilitas otot sekitar sendi.

Ketika tulang dan otot tidak fleksibel, gerakan tubuh akan terbatas dan kurang efisien. Oleh karena itu, duduk di lantai, duduk di kursi, berjalan, dan berolahraga secara teratur dapat membantu menjaga fleksibilitas tubuh.

Meskipun duduk di lantai dapat melatih otot-otot inti dengan lebih baik daripada duduk di kursi, bukan berarti Anda harus terus-menerus duduk di lantai.

Coba lakukan aktivitas tersebut selama sekitar 30 menit, namun jangan lupa bahwa variasi posisi duduk juga penting.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya