Cek 6 Makanan yang Bisa Turunkan Tekanan Darah, Sudah Terbukti Ampuh!

Cek 6 Makanan yang Bisa Turunkan Tekanan Darah, Sudah Terbukti Ampuh!

Cek 6 Makanan yang Bisa Turunkan Tekanan Darah, Sudah Terbukti Ampuh!---Freepik

4. Cokelat hitam

Kakao, bahan dalam coklat hitam, mengandung flavonoid, antioksidan. Flavonoid dapat membantu mengurangi tekanan darah, menurut AHA.

Namun, diketahui bahwa seseorang mungkin tidak dapat mengonsumsi cukup flavonoid dalam coklat hitam untuk mendapatkan manfaat yang signifikan.

AHA mengatakan bahwa sedikit coklat dari waktu ke waktu dapat menjadi bagian dari diet seimbang. Namun, disarankan agar orang memakannya karena mereka menikmatinya, bukan karena alasan kesehatan.

BACA JUGA:Terungkap! Ternyata Ini Alasan Anji dan Wina Natalia Sepakat Bercerai

5. Kiwi

Satu porsi kiwi setiap hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik, di antara manfaat lainnya, menurut uji coba kontrol acak tahun 2022.

Orang yang makan 2 buah kiwi per hari sebelum sarapan selama 7 minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik sebesar 2,7 milimeter (mmHg) dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Kiwi juga kaya akan vitamin C. Sebuah meta-analisis tahun 2020 menunjukkan bahwa suplementasi vitamin C secara signifikan mengurangi tekanan darah pada orang dengan hipertensi primer.

6. Semangka


Menciptakan manfaat buah semangka---Freepik

Semangka mengandung asam amino yang disebut citrulline.

Tubuh mengubah citrulline menjadi arginin, dan ini membantu tubuh memproduksi oksida nitrat, gas yang melemaskan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas arteri. Efek ini membantu aliran darah, yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Uji coba kecil terkontrol pada tahun 2023 mengamati efek jus semangka pada tekanan darah pada orang dewasa muda dan sehat. Mereka menemukan bahwa jus semangka menurunkan tekanan darah sistolik selama dua jam.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya